Antisipasi Warga Asing, Babinsa Cek Data Penduduk Binaan

oleh -180 views

sulbarexpress.fajar.co.id, POLEWALI – Anggota Kodim 1402 Polmas yang bertugas sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil melaksanakan sosialisasi dan pengumpulan data teritorial di wilayah Kabupaten Polewali Mandar. Pengecekan data ini dilaksanakan di kantor Desa Tonyaman, Kecamatan Binuang, Polman, Kamis 17 Mei.

Dandim 1402 Polmas Letkol Arh Dedi Setia Arianto melalui para Danramil jajaran Kodim1402 Polmas menginstruksikan untuk melakukan pengumpulan dan pengecekan data teritorial di wilayah binaan.

Dedi Setia Arianto mengatakan kegiatan tersebut dilakukan untuk mengumpulkan data aktual yang terjadi di lapangan berkaitan dengan perkembangan situasi terkini yang terjadi di wilayah binaan para babinsa.

“Kegiatan pengumpulan data teritorial ini juga membekali para Babinsa dengan kemampuan kepekaan intelijen sehingga mereka diharapkan dapat memberikan informasi terkini kepada Danramilnya,” jelas Dedi Setia.

Selain itu, Dedi Setia mengungkapkan pengecekan data dilakukan untuk menangkal jaringan terorisme yang menyusup masuk di lingkungan masyarakat sehingga apabila ada orang asing menetap di lingkungan warga patut dipantau secara intensif pergerakannya.

“Beberapa data yang harus selalu terupdate oleh Babinsa di wilayah binaannya masing- masing yakni meliputi bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan kemananan (Ipolesosbudhankam, red),” tandasnya.

Sementara itu Pasiter Kodim 1402 Polmas Kapten Inf Hasruddin mengatakan bahwa kegiatan pengumpulan data teritorial oleh Babinsa harus selalu terupdate dan dilaporkan di Koramil masing-masing.

“Jika di wilayahnya ada pendatang baru Maka Babinsa wajib tahu kemudian dilaporkan ke Danramil masing-masing,” tutur Hasruddin. (ali/hab)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *