Pilkada Polman-Mamasa, KPU Mulai Distribusi Surat Suara – Sulbar Express
Mamasa

Pilkada Polman-Mamasa, KPU Mulai Distribusi Surat Suara

Pelepasan surat suara oleh Ketua KPU Mamasa Suryani T Dellumaja dan Komisioner KPU Provinsi Sulbar Farhanuddin bersama Kapolres Mamasa AKBP Arianto, Kamis 21 Juni 2018.

sulbarexpress.fajar.co.id, POLEWALI – KPU Polman dan Mamasa mulai mendistribusikan surat suara pilkada tahun 2018. Pada tahapan distribusi kali ini ditujukan untuk wilayah dengan jarak tempuh jauh dan geografis yang cukup sulit.

Ketua KPU Mamasa, Suryani T Dellumaja mengatakan, tahapan pendistribusian logistik ke panitia pemilihan kecamatan, dilakukan pada tanggal 21 sampi dengan 23 Juni. Dimulai pada delapan Kecamatan, yakni Kecamatan Pana’, Rantebulahan Timur, Mehalaan, Mambi, Bambang, Aralle, Buntu Malangka, dan Kecamatan Tabulahan.

“Delapan Kecamatan ini didahulukan, mengingat jarak tempuh yang begitu jauh dan dan letak geografis serta curah hujan yang tinggi. Itu yang kita hawatirkan, jangan sampai tidak terdistribusi dengan baik,” katanya Kamis 21 Juni.

Logistik yang didstribusikan KPU, dikawal ketat pihak keamanan, hingga tiba di tempat tujuan masing-masing. Kepala Polisi Resort (Polres) Mamasa AKBP Atianto yang turut menyaksikan pelepasan surat suara mengungkapkan pihaknya bertanggung jawab penuh atas keamanan surat suara yang didistrubusikan.

“Mengingat surat suara ini merupakan dokumen negara yang memiliki nilai yang sangat strategis. Maka harus diamankan sepenuhnya, hingga saya tekankan kepada anggota, bahwa tidurpun surat suara harus ada dipangkuan anda,” ungkapnya.

Sementara itu Komisioner KPU Sulbar Farhanuddin, sebagai koordinator wilayah Kabupaten Mamasa menyampaikan, pihaknya mengapresiasi langkah pengamanan yang dilakukan polres Mamasa untuk mengawal surat suara.

“Ini merupakan tahapan yang sangat strategis, sehingga kita berharap jika pendiatribusian ini sukses, maka tahapan pilkada selanjutnya akan sukses,” tuturnya.

Sementara itu KPU Kabupaten Polman, mulai melakukan pendistribusian logistik surat suara Pilkada Polman sebanyak 294.442 ditambah 2,5 persen surat suara cadangan.

Komisioner KPU Polman Divisi Keuangan, Umum dan Logistik, Fitrinela Patonangi mengatakan, pihaknya mendistribusikan logistik ke tujuh kecamatan yang kategori jauh dan terpencil.

“Hari ini (kemarin, red) kami mendisitribusikan logistik ke beberapa kecamatan. Dalam proses pendistribusian ini kami membagi tiga kategori wilayah. Yakni kecamatan yang masuk ketegori terpencil, sedang dan dekat,” kata Fitri.

Dikatakan, tujuh kecamatan itu yakni, Kecamatan Binuang, Luyo, Tutar, Bulo, Mapilli, Limboro dan Alu.

“Berikutnya kecamatan yang masuk dalam ketegori sedang seperti Tapango, Wonomulyo, Campalagian Balabipa dan Tinambung. Insyaallah akan didistribusikan Jumat 22 Juni. Kemudian tanggal 23 Juni kategori kecamatan dekat diantaranya Matangnga, Anreapi, Polewali dan Matakali,” jelas Fitri.

Dari semua proses pendiatribusian, kata dia, tetap berjalan sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang ada atau sesuai penyampaian awal yakni mengikuti keputusan KPU RI nomor 25 tahun 2015 terkait petunjuk teknis proses pendistribusian.

“Tujuannya adalah melihat kondisi wilayah kecamatan yang masuk ketegori jauh dan dekat demi keamanan jenis logistik yang didistribusikan bisa sampai pada hari H tanggal 27 Juni,” ujarnya.

Selain itu, dalam proses pendistribusian pihaknya membuat skema monitoring yang akan menjadi pedoman para penyelenggara adhoc di tingkat PPK dan PPS bila terjadi kekurangan logistik di hari H pada kebutuhan perhitungan surat suara sehingga dengan mudah menyampaikan semua kebutuhan atau kekurangan logistik.

“Tentu dari semua proses mulai dari proses pengadaan, pensortiran, pelipatan dan proses pendistribusian adalah hasil kerjasama yang luar biasa dari semua teman-teman sekretariat terlibat yang tidak pernah lelah bekerja sehingga semua sesuai SOP yang ada,” kata dia.

“Ini juga berkat kerjasama dari pihak pengamanan TNI-Polri, alhamdulillah dalam proses pendistribusian tidak ada kendala dan berjalan lancar,” lanjutnya.

Fitri menyebutkan, jenis logistik yang ada dalam kotak suara itu berjumlah sembilan item ditambah dengan kebutuhan logistik di luar dari kotak suara.

“Sembilan item itu yakni surat suara, segel, sampul, formulir model C (C1 dan Lampirannya, C2, C3, C4, C5) kantong plastik, alat bantu tunanetra, alat alas coblos/paku dan tali pengikat dan karet pengikat. Ini akan langsung didistribusi ke PPK. Biasa minus satu hari PPK distribusi ke PPS,” tuturnya. (mg1/ali/sol)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top