Pembinaan Pendidikan dan Prestasi, MI Pasangkayu Terapkan Kedisiplinan Sejak Dini

oleh -123 views

sulbarexpress.fajar.co.id, PASANGKAYU – Kedisiplinan merupakan salah satu faktor penting untuk menghasilkan suatu kinerja baik. Hal inilah yang diterapkan di lingkungan pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (MI) DDI Pasangkayu untuk mencetak siswa-siswi supaya terus berprestasi

“Bagi saya mengutamakan kedisiplinan waktu itu sangat penting. Karena disiplin akan menunjang pembelajaran. Disiplin tepat waktu mengajar, juga diimbangi disiplin waktu istirahat. Kalau tidak ada kedisiplinan akan bisa bubar,” ungkap Kepala MI Pasangkayu, Munfiati Kahar kepada Sulbar Express, diruang kerjanya, Senin 30 Juli.

Kata dia kedisiplinan ini tentunya diawali oleh pimpinan yang diterapkan dalam keseharian di lingkungan sekolahan. Selain itu, menurut Munfiati, juga harus diimbangi adanya kerjasama yang baik antar sesama guru pengajar.

“Adanya kerjasama yang bagus ini juga untuk meningkatkan mutu pendidikan. Jadi di sini semua guru memiliki peran aktif, tidak ada yang cuek,” tegasnya.

Menurutnya, cara yang diterapkan ini berhasil mengangkat berbagai prestasi baik akademi, olahraga termasuk kesenian dan budaya. Prestasi-prestasi tersebut antara lain, menjuarai lomba OSN mata pelajaran Matematika. Kemudian melaju tingkat kabupaten dan mendapat prestasi.

“Kalau lomba olahraga dan pramuka setiap tahun dapat terus. Hingga terkadang kita yang mewakili kabupaten ketingkat provinsi. Sederet prestasi lainya, kita juga mengoleksi prestasi dibidang seni dan budaya. Seperti halnya lomba cipta puisi menjuarai tingkat kabupaten, hingga melaju ke tingkat provinsi dan mendapat juara,” jelasnya.

Menurutnya, untuk mengoleksi prestasi ini pihaknya memiliki strategi dengan mencari bibit sejak dini. Selain itu, pihaknya juga aktif memberikan jam tambahan pembelajaran kepada murid.

“Kita mencari bibit sejak siswa duduk mulai kelas 3 sampai kelas 5, jadi saya bidik mulai kelas 3. Kita latih terus sampai kelas 5,” ujarnya. (ndi/sol)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *