261 JCH Mamuju Dilepas, Wabup: Jangan Sampai Takut Berlebihan

oleh -109 views

sulbarexpress.co.id, MAMUJU – Sebanyak 261 Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Mamuju resmi dilepas oleh Wakil Bupati Mamuju Irwan Satya Putra Pababari di pelataran Rumah Adat Mamuju, Minggu 5 Agustus.

Prosesi pelepasan JCH Mamuju turut dihadiri Sekkab Mamuju Suaib, Dandim 1418 Mamuju, Danlanal Provinsi Sulbar, Kepala Kantor Kemenag Mamuju, Pimpinan Bank Muamalat, TPHI Mamuju, para kepala OPD Mamuju, dan keluarga JCH.

Wakil Bupati Irwan Pababari dalam sambutanya mengatakan pelepasan JCH adalah satu rangkaian prosesi perjalanan dan ini adalah awal dari tahapan pemberangkatan dimulai dari kampung halaman dan insya allah kembali lagi kekampung halaman.

Selain itu, ia juga berpesan kepada seluruh JCH jika berada di tanah suci jangan sampai takut berlebihan apalagi saat menjalankan ibadah. Saat melakukan tawaf di Masjidil Haram Mekkah nanti jangan banyak memikirkan hal-hal yang tentu membuat kita takut berlebihan contohnya takut temanya lepas dari genggaman sampai-sampai baju ikut tertarik, takut kehilangan sandalnya, takut ini dan itu akhirnya ibadah kacau, usahakan saat tawaf lakukan dengan benar jangan memikirkan hal-hal yang lain.

“Harapan kami semoga bapak dan ibu bisa melaksanakan ibadah haji dengan baik dan kembali ketanah air dengan predikat haji yang mabur,” kata Irwan.

Sementara itu, Mukhtar selaku Sekretaris Panitia Pemberangkatan dan Pemulangan Jamaah Haji menjelaskan bahwa pada tahun 2018 klasifikasi JCH lebih mendominasi kaum perempuan sebanyak 173 orang sedangkan laki-laki sebanyak 80 orang.

Sementara dilihat dari tingkat pendidikan mulai dari SD sebanyak 102 orang, SMP – 31 orang, SMA – 66 orang, S1 – 42 orang juga S2 -5 orang, begitupun di tingkat pekerjaan PNS 59 orang, Polri 1 orang, wirawasta 80 orang, pensiunan 4 orang, petani 26 dan Ibu Rumah Tangga (IRT) 83 orang.

“Inilah jemaah yang akan kita berangkatkan pada haji tahun 2018,” kata Muktar.

Ia juga menjelaskan bahwa Senin 6 Agustus di Bandara Tampa Padang Mamuju jemaah akan menggunakan dua kali penerbangan pada pukul 08.30 sebanyak 140 jemaah dan penerbangan kedua pada pukul 11.35 sebanyak 121 jemaah akan berangkat menuju asrama haji sudiang Makassar.

“Karena penerimaan resmi baru akan diterima pada 7 Agustus pukul 08.00 pagi setelah itu akan diserahkan ke panitia embarkasi Makassar dan itu akan diambil alih pada Rabu pagi meninggalkan Kota Makassar menuju Arab Saudi,” tandas Muktar. (*/hab)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *