Peserta PIFAF Kagumi Keramahan Warga Balanipa

oleh -130 views

sulbarexpress.co.id, POLMAN – Hari kelima peserta PIFAF 2018 dari berbagai negara berada di kabupaten Polman dengan menikmati berbagai tradisi Mandar.

Termasuk saat berkunjung di pantai Palippis para peserta berkesempatan bermain permainan tradisional estafet sarung dan juga menikmati keindahan pantai, Minggu 5 Agustus.

Salah satu peserta Chin Chin mengatakan sangat senang selama berada di Polman termasuk saat berkunjung di Palippis, dimana masyarakatnya sangat ramah.

“Kami dari negara Thailand menghargai tradisional budaya Mandar. Makanya kami pakai sarung,” kata Chin.

Ia menambahkan pihaknya baru pertama kali bermain estafet sarung dan dalam permainananya mengajarkan kerjasama maupun kekompakan.

“Saya pikir sangat bagus kerena mengajarkan kerjasama tim dan itu yang dibutuhkan kekompakan. Bahkan ini mengajarkan kita juga pada budaya lokal Mandar,” tambahnya.

Sedangkan, perwakilan dari Meksiko Noe menyampaikan orang Mandar sangat ramah, terbuka, komunikatif dan sangat sopan.

“Permainan juga sangat sulit. Kita diajarkan bagaimana kekompakan dalam satu tim. Kita betul-betul serius memasukan sarung. Tapi ini bagus,” ungkap Neo.

Selain itu, para peserta PIFAF juga membeli makanan khas Mandar untuk dimakan dan bersama.

Salah satu pedagang lokal di Balanipa Nurmi menuturkan kehadiran peserta PIFAF di Palippis sangat membantu peningkatan penghasilan jualannya.

“Bersyukur karena banyak orang beli ditambah bule juga banyak beli seperti lansat, semangka, dan Salad,” tandasnya. (hab/sol)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *