Pemdes dan Unika Sosialisasi Kusuka – Sulbar Express
Majene

Pemdes dan Unika Sosialisasi Kusuka

Kades Tammerodo Sofyan bersama Pengelola Unika Majene Budi Sulistyo pada sosialisasi kartu dan asuransi nelayan, di aula Kantor Desa Tammerodo, Minggu 5 Agustus 2018.
sulbarexpress.co.id, MAJENE – Program Pemerintah Desa (Pemdes) Tammerodo Kecamatan Sendana yang dijalankan tidak terlepas visi misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majene, yakni Majene Profesional, Proaktif dan Produkti (MP3.
Kali ini, Pemdes Tammerodo berasama Universitas Tomakaka (Unika) Majene secara perdana menyosialisasi penggantian kartu nelayan menjadi Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (Kusuka), di aula Kantor Desa Tammerodo, Minggu 5 Agustus.
“Kita tidak perlu menuggu aduan warga nelayan mengenai cara penggantian kartu nelayan menjadi Kusuka, harus lebih dulu kita melakukan sosialisasi, ini demi meningkatkan pelayanan untuk kesejahteraan warga nelayan, sesuai visi misi pak bupati,” terang Sufyan Kades Tammerodo.
Ia menuturkan, masa berlaku kartu nelayan yang habis akan diganti dengan kartu Kusuka.”Sekarang warga sudah tahu, tentang cara pergantian kartu nelayan yang dimiliki, sesuai yang diterapkan para mahasiswa Unika Majene,” ujar Sofyan dihadapan ratusan warga nelayan.
Kesempatan sama, Pengelola Unika Majene Budi Sulistyo mengatakan, penggantian kartu nelayan menjadi Kusuka berdasarkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan nomor 39 Tahun 2017 Tentang Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan.
“Dengan keluarnya perundangan tentang kartu Kusuka, otomatis regulasi kartu nelayan juga berubah,” papar Budi juga mantan Kepala DKP Majene ini.
Menurutnya, kartu Kusuka bukan hanya berlaku eksklusif untuk para nelayan tangkap saja, sebagaimana kartu nelayan. Nantinya, pelaku usaha perikanan lain, seperti pembudidaya, pengolah, dan pemasar juga akan menerima kartu Kusuka.
Kata dia, fungsi dari kartu Kusuka sebagai identitas profesi pelaku usaha kelautan dan perikanan dan sebagai basis data dalam memudahkan perlindungan dan pemberdayaan pelaku usaha kelautan dan perikanan.
“Selain itu, sebagai sarana dalam memantau dan evaluasi pelaksanaan program kementerian. Sedangkan manfaatnya, menjadi pra-syarat program KKP, seperti bantuan pemerintah, perizinan, dan lain-lain,” terangnya.
Peraturan Menteri kelautan Pasal 4 Ayat (1) peraturan Menteri Kelautan, lanjutnya bahwa tugas Dinas Perikanan kabupaten, adalah menyosialisasikan fungsi kartu Kusuka kepada para calon penerinamanya.
“Pihak DKP Majene juga melakukan verifikasi atas pengajuan para pemohon, melakukan pencetakan kartu, dan mendistribusikannya,” pungkasnya. (hfd/smd)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top