Pemilu 2019 Wajib Gunakan e-KTP, Pemilih Pemula Banyak Belum Lakukan Perekaman – Sulbar Express
Mamuju

Pemilu 2019 Wajib Gunakan e-KTP, Pemilih Pemula Banyak Belum Lakukan Perekaman

Infografis

sulbarexpress.co.id, MAMUJU – Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar berharap semua pihak ikut menyukseskan pemilu legislatif dan pilpres tahun 2019.

Hal ini disampaikan saat menggelar rapat koordinasi terpadu pelaksanaan pemilu 2019 di auditorium kantor Gubernur Sulbar, Rabu 8 Agustus.

Gubernur Sulbar mengatakan semua pihak harus berperan aktif agar pemilu tahun depan bisa berjalan dengan penuh demokrasi dan sukses.

“Kita akan maksimalkan semua prosedur dan kekuatan yang ada, makanya kita rapat koordinasi agar permasalahan yang krusial bisa diselesaikan dengan baik,” kata Gubernur.

Ia menambahkan pihaknya sudah memerintahkan ke dinas terkait untuk menindaklanjuti permasalahan yang dihadapi hingga di kabupaten dan mencari solusi agar pelaksanaan pemilu 2019 di Sulbar berjalan lancar.

“Kalau menjadi kewenangan saya akan kita bantu, seperti alat perekaman akan kita usahakan pengadaanya,” tambahnya.

Gubernur juga mengimbau kepada masyarakat Sulbar untuk turut serta membantu pihak penyelenggara menyukseskan pemilu 2019 mendatang dengan menggunakan hak pilihnya sesuai hati nurani masing-masing.

“Tidak ada yang sempurna 100 persen dalam melaksanakan pemilu, tentu banyak rintangan yang dihadapi seperti pada beberapa pemilihan sebelumnya. Kita berdoa mudah-mudahan tidak ada lagi kesalahan yang fatal dilaksanakan, baik pada pemerintah, penyelenggara dan peserta pemilu,” harap Gubernur.

Ketua KPU Sulbar Rustang mengungkapkan rapat koordinasi dilakukan untuk menyelesaikan permalahan yang dihadapi dan pihaknya selalu siap melaksanakan seluruh tahapan pemilu 2019 mendatang.

“Biasanya dalam melaksanakan tahapan selalu ada permasalahan terjadi seperti pemutakhiran data yang ada di dinas terkait. Makanya kita sampaikan lewat rapat koordinasi ini,” ucap Rustang.

Sementara itu, lanjut Rustang, 66.288 orang belum melakukan perekaman KTP elektronik atau tidak memiliki e-KT, mereka mayoritas masuk dalam kategori pemilih pemula. Hal inilah yang diwanti-wanti KPU sehingga diharapkan stokeholder tekait menyelesaikan permasalahan tersebut.

“Pada pemilu 2019, bagi yang tidak terdaftar dalam DPT tidak boleh lagi menggunakan surat keterangan, tetapi harus menggunakan e-KTP. Hal tersebut sudah diatur dalam UU Nomor 7 tahun 2017 pasal 348,” tandasnya. (hab/sol)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top