17 Bacaleg Mamasa Dinyatakan TMS – Sulbar Express
Mamasa

17 Bacaleg Mamasa Dinyatakan TMS

Komisioner KPU Mamasa saat menerima pengajuan bakal calon legislatif.

sulbarexpress.co.id, MAMASA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamasa resmi mengumumkan daftar calon sementara (DCS) bakal calon legislatif (bacaleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mamasa periode 2019-2024, pada Minggu 12 Agustus 2018.

Sebelumnya, KPU Mamasa menerima berkas pendaftaran calon sebanyak 405 bacaleg dari 16 partai politik (parpol) yang terbagi pada tiga daerah pemilihan. Setelah dilakukan proses verifikasi dan perbaikan, KPU akhirnya menemukan sebanyak 17 bacaleg yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS).

Dari 17 calon yang dinyatakan TMS tersebut, desebabkan sejumlah berkas persyaratan yang diajukan oleh partai tidak terpenuhi atau tidak lengkap. Bahkan beberapa parta, syarat keterwakilan perempuan tidak memenuhi 30 persen.

Meski ditemukan 17 bacaleg yang TMS, namun pihak KPU belum menyebutkan dari partai mana saja bacaleg yang dinyatakan TMS. Tetapi berdasarkan surat keputusan KPU Kabupaten Mamasa dengan Nomor 34/PL.01.4-Kpt/7603/KPU-Kab/VIII/201, jumlah calon yang memenuhi syarat sebanyak 388 orang yang terdiri dari 244 laki-laki dan 144 Perempuan.

Devisi SDM KPU Mamasa Yusuf Mardianto mengatakan, berdasarkan tahapannya, bagi calon yang dinyatakan TMS sudah tidak adalagi jadwal untuk perbaikan, sebab jadwal perbaikan sudah berakhir pada tanggal 31 Juli lalu.

Perbaikan dapat saja dilakukan ucap Mardianto, jika Panwaslu merekomendasikan KPU untuk melakukan perbaikan, apabila ada calon yang melakukan gugatan dan gugatan itu memenuhi syarat untuk dimasukan kedalam DCS atau DCT.

“Tidak menutup kemungkinan ada calon yang dinyatakan TMS melakukan gugatan keberatan melalui Panwaslu Kabupaten Mamasa,” kata Mardianto, Senin 13 Agustus. (sam/sol)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top