Lalulintas Sapi Mengalami Penurunan – Sulbar Express
Mamuju

Lalulintas Sapi Mengalami Penurunan

Petugas Karantima melakukan pemeriksaan terhadap sapi.

sulbarexpress.co.id, MAMUJU – Salah satu ternak unggulan Sulbar yakni Sapi perlu mendapat perhatian lagi, pasalnya lalulintas sapi saat ini mengalami penurunan.

Hal itu, disampaikan Medik Veteriner Stasiun Karantina Pertanian Kelas II Mamuju Drh I Gusti Bagus Ari Purwanda, dirinya mengatakan lalulintas sapi saat ini mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun lalu.

“Sapi ini salah satu ternak unggulan Sulbar, apalagi populasi sapi juga sudah banyak, kita sudah lalulintaskan sebanyak 4.965 ekor dari Januari sampai saat ini sudah keluar daerah. Namun tahun lalu lebih banyak,” kata I Gusti Bagus.

Ia menambahkan pada hari perayaan maupun hari-hari biasa pihaknya terus melakukan pemeriksaan kepada sapi yang siap dikirim untuk mencegah adanya penyakit.

“Karantina menjamin kesehatannya dengan melakukan pemeriksaan dalam lab yang kita sediakan. Untuk sapi ada wajib nginapnya satu malam,” tambahnya.

I Gusti Bagus juga menyampaikan agar para pengusaha maupun peternak sapi untuk selalu memperhatikan kesehatan ternaknya. Ini juga meningkatkan kualitas serta terhindar dari penyakit.

“Sebelum dikirim alangkah baiknya diperiksa dulu, jangan sampai mengalami kerugian kepada peternak sapi,” ungkap I Gusti Bagus.

Sementara itu, lanjut I Gusti Bagus, untuk stok kebutuhan di Sulbar sendiri jelang Idul Adha pihak dinas sudah menjamin kalau sapi aman.

“Stok sapi aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Sulbar selama ini. Jadi tidak akan mengganggu dengan adanya lalulintas sapi keluar daerah,” terangnya.

Selain itu, lalulintas sapi yang terjadi di pelabuhan fery bukan hanya dari Sulbar melainkan ada juga daerah Sulsel.

“Seperti kabupaten Sinjai, Bone, Wajo dan yang lainnya,” tandasnya. (hab/sol)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top