Penemuan Kasus Kusta dan Frambusia, Pemkab Pasangkayu Gelar Sosialisasi Intensifikasi – Sulbar Express
Pasangkayu

Penemuan Kasus Kusta dan Frambusia, Pemkab Pasangkayu Gelar Sosialisasi Intensifikasi

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Setda Pasangkayu Makmur didampingi Kepala Dinkes Pasangkayu dr Alif Satria saat membuka acara advokasi, sosialisasi intensifikasi enemuan kasus kusta dan frambusia, Senin 13 Agustus 2018.

sulbarexpress.co.id, PASANGKAYU – Pemkab Dinas Kesehatan menggelar pertemuan advokasi, sosialisasi dan pelatihan singkat kegiatan intensifikasi penemuan kasus kusta dan frambusia melalui kampanye eliminasi kusta dan rradikasi frambusi.

Kegiatan yang dilaksanakan di ruang pola kantor bupati tersebut dibuka secara resmi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Setda Pasangkayu, Makmur, Senin 13 Agustus.

Bupati Pasangkayu melalui sambutan tertulis yang dibacakan oleh Makmur mengatakan bahwa sebagai negara yang beriklim tropis, Indonesia masih beresiko terhadap penyakit kusta dan frambusia.

Karena itu, pemerintah terus berupaya melakukan pengendalian kasus ini melalui program pencegahan dan pengendalian penyakit kusta dengan target mencapai pada tingkat provinsi pada tahun 2019 dan menurunkan angka cacat pada kasus baru menjadi 1/1 juta penduduk pada tahun 2020. Sedangkan target program frambusia adalah eradikasi di tahun 2020.

Namun demikian, program nasional pencegahan dan pengendalian kusta ini menemui kendala seperti dukungan kebijakan dan kemitraan, penemuan dan penatalaksanaan kasus, peningkatan kapasitas petugas, pemberdayaan masyarakat dan orang yang pernah mengalami kusta serta pengobatan pencegahan.

Untuk itu, melalui kampaye eliminasi kusta dan frambusia diharapkan kegiatan ini dapat dimanfaatkan dengan baik serta mampu menghasilkan rekomendasi maupun alternatif solusi terhadap berbagai persoalan kusta dan frambusia di Kabupaten Pasangkayu.

“Keberhasilan advokasi dan eliminasi kasus kusta dan frambusia merupakan tanggungjawab bersama,” kata Makmur.

Ia berharap seluruh stakeholder terkait agar terus meningkatkan peran aktif dalam mendukung program nasional ini, baik kebijakan maupun dukungan sumber daya yang diperlukan.

Dalam materi Kepala Dinas Kesehatan Pasangkayu dr Alif Satria mengungkapkan, pemerintah dalam hal ini Dinas Kesehatan terus meningkatkan usaha untuk menemukan dan mengatasi kasus kusta dan frambusia di kabupaten Pasangkayu dan sekitarnya.

Salah satu langkah yang ditempuh Dinkes Pasangkayu untuk menemukan dan mengeliminasi kasus penyakit tersebut adalah dengan menggelar advokasi, sosialisasi dan pelaksanaan intensifikasi penemuan kasus kusta dan frambusia melalui kampaye eliminasi kusta dan eradikasi frambusia.

Untuk diketahui, acara sosialisasi tersebut diselenggarakan selama dua hari, 13 hingga 14 Agustus. Hari pertama untuk advokasi dan sosialisasi dan dihari kedua pelatihan singkat para petugas kesehatan dalam pemeriksaan kusta dan frambusia. (ndi/sol)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top