Antisipasi Kenaikan Elpiji 3Kg, Pemdes Tinambung Bentuk BUMDes – Sulbar Express
Majene

Antisipasi Kenaikan Elpiji 3Kg, Pemdes Tinambung Bentuk BUMDes

Pemdes bersama pihak BPD Tinambung Kecamatan Pamboang, sedang berbincang tentang pembentukan BUMDes, di Kantor Desa Tiambung, pekan ini.

sulbarexpress.co.id, MAJENE  – Dalam waktu tidak lama, Pemerintah Desa (Pemdes) Tinambung Kecamatan Pamboang bakal membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Pembentukan BUMDes itu, guna meningkatkan pendapatan asli desa (PAD) dan kesejahteraan masyarakat serta pembangunan desa.

“Pembentukan BUMDes dilakukan sesuai kesepakatan pihak BPD Tinambung. Usaha ini akan difokuskan pada penjualan tabung gas elpiji 3kg, kepada warga sasaran di Desa Tinambung,” tutur Ardiansyah Djohan Kades Tinambung, akhir pekan.

Ia menjelaskan, penjualan tabung 3kg bersubsidi melalui BUMDes, untuk mengantisipasi kelangkaan dan kenaikan harga eceran tertinggi (HET) di tingkat pengecer.

“Jadi, setelah terbentuk BUMDes, maka tidak melayani pengecer, karena warga sasaran akan langsung membeli ke Sekretariat BUMDes sesuai HET yang sudah ditentukan pemerintah,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua BPD Tinambung Herni Aswat mengungkapkan, untuk proses legalisasi pembentukan BUMDes, lebih dulu dilakukan rapat internal bersama Pemdes Tinambung.

“Kita akan membicarakan secara internal desa tentang kepengurusan BUMDes, seperti ketua, sekretaris dan bendahara serta pengurusan badan hukumnya ke pihak yang berwenang,” urai Herni.

Menurutnya, pembentukan BUMDes, selain meningkatkan PAD dan kesejahteraan warga, juga mengurangi pengangguran.”BUMDes nantinya akan dikelola warga setempat, jadi otomatis pengangguran akan berkurang,” katanya. (hfd/smd)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top