RAPBD Perubahan 2018, Pemprov Lakukan Pergeseran Anggaran – Sulbar Express
Mamuju

RAPBD Perubahan 2018, Pemprov Lakukan Pergeseran Anggaran

Ketua DPRD Sulbar Amalia Aras menerima dokumen KUA-PPAS APBD Perubahan tahun 2018 di sela-sela rapat paripurna dewan, Selasa 28 Agustus 2018.

sulbarexpress.fajar.co.id, MAMUJU – DPRD Sulbar menggelar rapat paripurna persetujuan Ranperda tentang Pertanggungjawaban APBD tahun anggaran 2017, Selasa 28 Agustus. Agenda ini juga dirangkaikan dengan penyerahan KUA-PPAS APBD Perubahan 2018.

Asisten III Pemprov Sulbar Jamilah menyampaikan, untuk evaluasi pertanggungjawaban APBD 2017 merupakan tindak lanjut dari catatan temuan yang diberikan BPK saat penyerahan opini WTP dua pekan lalu.

“Itu bertujuan agar pengelolaan keuangan daerah berjalan secara transparansi dan akuntabilitas,” kata Jamilah.

Terkait Kebijakan Umum Anggaran dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) perubahan APBD 2018 yang diserahkan, Jamila menyampaikan ada beberapa asumsi termuat didalamnya. Salah satunya melakukan penyesuaian, penghematan belanja dan pergeseran program, maupun penambahan anggaran pada kegiatan yang sifatnya instruksional.

Dia memaparkan, ringkasan dalam KUA-PPAS perubahan APBD 2018 itu untuk sektor Penerimaan Pendapatan tidak mengalami perubahan, yakni Rp1,86 triliun. Termuat didalamnya, PAD Rp334,2 miliar dan Dana Perimbangan Rp1,53 triliun.

Sementara itu, untuk belanja, telah dilakukan pergeseran. Tercatat belanja sebelum perubahan, 1,93 triliun. Setelah dirumuskan dalam KUA-PPAS, berkurang Rp14,6 miliar. Sehingga jumlah belanja menjadi Rp1,92 triliun.

“Penurunan belanja disebabkan adanya penyesuain pembiayaan daerah yang tidak dapat menutupi belanja Rp56,4 miliar,” terang Jamila.

Kemudian pada sisi Penerimaan Pembiayaan. Dari besaran Rp11,6 miliar menjadi Rp53,4 miliar. Terjadi penambahan sebesar Rp41,8 miliar, itu bersumber dari sisa lebih perhitungan anggaran tahun anggaran 2017, sehingga sisa lebih pembiayaan anggaran tahun 2018 menjadi nihil atau seimbang.

Usulan PAW

Selain KUA-PPAS perubahan tahun 2018, agenda rapat kemarin juga membahas masalah pergantian antar waktu (PAW) sejumlah anggota DPRD Sulbar. Ketua DPRD Sulbar Amalia Fitri Aras mengumumkan ada PAW anggota DPRD dan pergantian Plt unsur pimpinan dewan.

Dua jabatan itu melekat pada dua fraksi yakni, Partai Demokrat dan Golkar. Dimana pengurus kedua partai tersebut sudah mengusung nama-nama yang untuk PAW maupun pengganti jabatan untuk menduduki posisi Plt wakil ketua PDRD Sulbar.

Untuk anggota dari Fraksi Demokrat, Amalia menyebutkan dua nama PAW, yakni Tasdir Jalalu menggantikan Sahariah dan Nur Alim menggantikan Andi Mappangara.

Sedangkan Partai Golkar, telah mengganti unsur pimpinan DPRD Sulbar yakni Hamzah Sunuba mengganti kedudukan Thamrin Endeng.

“Dengan diumumkannya PAW dan pengganti Plt wakil ketua DPRD dari partai Golkar diharapkan Hamzah Sunuba maju kedepan mengambil posisi unsur pimpinan DPRD Sulbar,” ujar Amalia sebelum menutup sidang.

Demikian Hamzah Sunuba yang hadir pada saat itu pun berpindah tempat dari kursi anggota menuju kursi pimpinan DPRD Sulbar. Ketua Fraksi Demokrat, Yahuda menjelaskan, dua anggota fraksi Demokrat yang telah diganti, pertama Sahariah disebabkan yang bersangkutan telah maju sebagai caleg dengan mengendarai partai lain.

“Beliau (Sahariah) sudah mengundurkan diri dan berpindah partai,” ungkapnya.

Sedangkan pengganti Andi Mappangara, lanjut Yahuda, diutus nama Nur Alim itu berdasarkan pakta integritas serta instruksi ketua DPD Demokrat Sulbar. Dia pun berharap, kedua PAW tersebut bisa menjalankan tugas dengan baik.

Berbeda halnya penggantian Thamrin Endeng. Menurut Hamzah Sunuba, rotasi itu dilakukan sebab aturan yang melandasi bahwa unsur pimpinan di DPRD Sulbar harus dari pengurus partai pengusungnya.

“Untuk Thamrin Endeng kita sudah tahu, beliau masuk DPD sehingga mengundurkan diri dari parpol,” ungkapnya.

Diangkatnya sebagai wakil ketua, Sunuba berharap, agenda-agenda di DPRD Sulbar dapat melakukan percepatan. Khususnya penyelesaian APBD perubahan 2018 dan APBD 2019. (hab/sol)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top