Memiliki Hubungan Darah dengan Caleg, Suryadi Buatkan Pernyataan Integritas – Sulbar Express
Mateng

Memiliki Hubungan Darah dengan Caleg, Suryadi Buatkan Pernyataan Integritas

Suryadi Rahmat

sulbarexpress.co.id, TOPOYO – Sesuai dengan peraturan DKPP nomor 2 tahun 2017 tentang kode etika penyelenggara pemilihan umum, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Mamuju Tengah, Suryadi Rahmat mengharuskan menandatangani pernyataan secara terbuka dan untuk umum.

Keputusan ini untuk tetap menjaga independensi dan integritas sebagai penyelenggara pemilu, dikarenakan penyelenggara mempunyai hubungan kepada salah satu calon legislatif.

Diketahui, sesuai rapat pleno KPU Mateng belum lama ini, atas nama Fatuhuddin Al Gafiqhi adalah calon legislatif daerah Budong-Budong Dapil 3 kabupaten Mateng, adalah kakak kandung dari anggota/ketua KPU Suryadi Rahmat.

“Tepatnya pada pasal 8 huruf k pada peraturan DKPP nomor 2 tahun 2017 menyebutkan, menyerahkan secara terbuka dalam rapat apabila saya memiliki keluarga atau saudara dengan salah satu calon peserta pemilu 2019. Dan itu benar adanya. Maka dengan ini saya menyatakan bahwa mempunyai saudara calon legislatif pada dapil 3 pemilihan legislatif di Mateng,” sebut Suryadi.

Menurutnya, pernyataan terbuka yang ditandangani Sabtu 22 September kemarin di atas materai, juga dilakukan untuk mengikuti peraturan bersama KPU dan Bawaslu nomor 1 tahun 2012, nomor 11 tahun 2012, dan 13 tahun 2012 tentang kode etik.

“Pernyataan ini bukti keterbukaan saya untuk selalu menjaga independensi dan integritas sebagai penyelenggara pemilu,” kata Suryadi saat dihubungi melalui telepon selulernya, Minggu 23 September. (ndi/sol)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top