Deflasi Mamuju Semakin Menurun – Sulbar Express
Mamuju

Deflasi Mamuju Semakin Menurun

Infografis

sulbarexpress.co.id, MAMUJU – Perkambangan indeks harga konsumen periode September 2018 menujukkan penurunan sejumlah komoditi. Kondisi ini membuat kota Mamuju mengalami deflasi 0,30 persen.

Deflasi pada bulan September tahun 2018 lebih besar jika dibandingkan dengan periode bulan sebelumnya. Pada bulan Agustus 2018, deflasinya sebesar -0,05 persen.

Dalam keterangan resminya, Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Sulbar Fredy Takaya mengatakan deflasi di Mamuju pada September 2018 terjadi karena adanya penurunan harga yang ditunjukkan oleh penurunan indeks harga pada tiga kelompok pengeluaran.

Yaitu kelompok bahan makanan 1,86 persen; pendidikan, rekreasi dan olah raga 0,01 persen; transport dan komunikasi dan jasa keuangan 0,20 persen; sedangkan kelompok yang mengalami inflasi adalah kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau 0,34 persen; kelompok perumahan, air, listrik gas dan bahan bakar 0,45 persen. Sedangkan kelompok sandang dan kelompok kesehatan cenderung stabil.

Ia menambahkan, masing-masing kelompok pengeluaran memberikan sumbangan deflasi berdasarkan bobot dan tingkat harga yang terjadi pada kelompok tersebut. Kelompok yang memberi andil deflasi adalah kelompok bahan makanan 0,45 persen; dan kelompok transport, komunikasi dan jasa keuangan 0,03 persen.

Sedangkan kelompok yang memberikan andil inflasi adalah kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau 0,06 persen; dan kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar 0,12 persen. Sementara itu kelompok sandang, kelompok kesehatan dan kelompok pendidikan, rekreasi dan olah raga memberikan andil inflasi/deflasi yang sangat kecil. (**)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top