Tenun Sekomandi, Mulai Diincar Desainer Ternama – Sulbar Express
Mamuju

Tenun Sekomandi, Mulai Diincar Desainer Ternama

Tenun Sekomandi Mamuju tampil pada acara festival kebudayaan yang diadakan di Makassar saat ini.

sulbarexpress.fajar.co.id, MAMUJU – Popularitas kain tenun Sekomandi yang merupakan kain khas dari kecamatan Bonehau-kalumpang belakangan menjadi bahan incaran kolektor dan desainer ditingkat nasional.

Hal tersebut, diceritakan salah satu pemilik tenun sekomandi Bungalia, dirinya menceritakan bahwa tenun sekomandi jenis pola ulukarua miliknya pernah diminati kolektor sampai desainer nasional.

“Pernah ditawari 75 Juta oleh seorang desainer, namun saya tolak untuk tidak dijual,” kata Bungalia.

Ia menambahkan bukan hanya ingin membeli kainnya, namun selembar sekomandi jenis pola ulukarua juga ingin dibelinya tapi dirinya menolak, karena tidak diperjual belikan.

“Ini merupakan warisan turun temurun dari keluarga kain yang telah berusia 103 tahun tersebut adalah salah satu bukti nyata keberadaan sekomandi di Mamuju,” tambahnya.

Bungalia juga menyampaikan memang dirinya membutuhkan uang, namun tidak dengan cara menjual warisan nenek moyangnya meskipun harga ditawarkan tinggi.

“Saya juga butuh uang tapi kalau harus menjual identitas kekuarga dan sejarah sekomandi saya pasti tolak,” ungkap Bungalia. yang juga pemilik home industri tenun sekomandi yang berdomisili di desa bambu kecamatan Mamuju ini.

Sementara itu, lanjut Bungalia tenun sekomandi jenis pola ulukarua sangat rumit dibuat, dimana bisa sampai satu tahun hanya untuk membuat kain tersebut, Dimana juga tingginya penawaran terhadap kain sekomandi juga ditentukan usia dan sejarah kain tersebut.

“Istimewanya selembar kain yang harganya bisa membeli sebuah mobil tersebut saat ini juga ikut menghias stand Kabupaten Mamuju di ajang Makassar eigth festival (F8) di pantai losari Makassar,” tandasnya.(hab)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top