Integritas Penyelenggara Perlu Ditingkatkan

oleh -119 views
foto: HABLUDDIN
Anggota Komisi II DPR RI dapil Sulbar Muhammad Afzal Mahfuz saat melakukan kunjungan kerja di kantor KPU Sulbar, Rabu 10 April 2019.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Anggota Komisi II DPR RI dapil Sulbar Muhammad Afzal Mahfuz melakukan kunjungan kerja di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulbar dalam rangka mengetahui kesiapan pemilu 2019.

Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Ketua KPU Sulbar Rustang dan komisioner KPU lainya.

Anggota DPR RI Muhammad Afzal Mahfuz mengatakan kehadirannya di Sulbar untuk mengetahui kesiapan penyelenggara dalam melaksanakan pemilu 2019 yang nantinya akan dilaporkan ke pusat sebagai mitra kerjanya di Komisi II DPR RI.

“Kemarin kita sudah melakukan pertemuan dengan Bawaslu Sulbar, hari ini KPU Sulbar selanjutnya Polda. Kedatangan saya sebagai Komisi II DPR RI sebagai mitra KPU untuk membantu penyelenggara dalam menyukseskan pemilu 2019,” kata Afzal, Rabu 10 April.

Ia menambahkan setelah berada di Sulbar beberapa hari berbagai informasi didapatkan baik dalam bentuk kesiapan penyelenggara sampai pada pengawasan.

“Namun sayangnya ada isu berkembang di masyarakat bahwa ada oknum KPPS memperjual belikan suara, dimana jika ada 800 suara di TPS terbut kemudian yang datang memilih 600 orang maka 200 suara ini bisa dimanupulasi untuk dibeli oknum caleg dan itu saya juga ditawari. Tapi oknumnya tidak mau ketemu langsung sama saya. Jadi semoga ini tidak terjadi,” tambahnya.

Afzal juga menyampaikan pihak KPU harus mewaspadai semua penyelenggara pada tingkat ke bawah agar tidak terjadi kecurangan dan akan merusak demokrasi di Sulbar.

“Dari sepuluh penyelenggara dan ada dua yang tidak netral maka akan berdampak buruk pada calon maupun penyelenggara bersih dan jujur lainnya. Jadi jangan sampai ini terjadi dan semoga tidak terjadi,” ungkap Afzal.

Sementara itu, lanjut Afzal, sebagai mitra KPU di Komisi II DPR RI, pihaknya berharap KPU Sulbar terus intens melakukan koordinasi kepada KPU kabupaten sampai pada tingkat KPPS agar tidak terjadi kecurangan.

“Saya percaya pemilu 2019 berjalan baik. Pesta demokrasi yang serentak ini akan sukses,” ujar Afzal.

Sedangkan, Ketua KPU Sulbar Rustang mengungkapkan pihaknya akan selalu mengantisipasi agar tidak terjadi pelanggaran di tubuh penyelenggara dengan terus melakukan pemantauan langsung di lapangan sampai pemilu 2019 selesai.

“Kita juga minta jika ada menemukan pelanggaran segera melaporkan dan akan kita tegur. Kalaupun masih melakukan saya sendiri yang akan melaporkan karena ini merusak lembaga,” ujar Rustang.

Selain itu, pihaknya sudah mengingatkan kepada seluruh penyelenggara dari tingkat kabupaten sampai pada tingkat KPPS bahwa menjaga independensi lembaga penyelenggara.

“Karena sekarang kita keluarga KPU. Jadi mari kita pegang integritas, kalaupun ada terjadi di lapangan agar semua elemen masyarakat sampaikan ke tingkat kecematan maupun ke tingkat kabupaten, bahkan kalau perlu diteruskan ke tingkat provinsi agar bisa diatasi dan dicarikan solusi permasalahannya,” tandasnya. (hab/sol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *