Cegah Pelanggaran Pemilu, Bawaslu Mamasa Gelar Apel Siaga

oleh -112 views

MAMASA, SULBAR EXPRESS – Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Mamasa menggelar apel siaga. Apel siaga ini digelar di GTM Convention Hall Center, Jumat 12 April

Kegiatan ini mengawali patroli pengawasan pemilu menjelang masa tenang, 14 April 2019. Bertujuan mengingatkan penyelenggara, khususnya pengawas pemilu, bahwa pungut hitung suara sudah semakanin dekat.

Demikian diungkapkan Ketua Bawaslu Mamasa, Rustam saat menyampaikan amanahnya pada saat apel. Rustam menyampaikan, dalam masa tenggang waktu yang cukup dekat, diharapkan pengawas di seluruh kecamatan se-Kabupaten Mamasa agar intens melakukan pengawasan secara mobile.

Hal itu dilakukan guna memastikan penyelenggaraan pemilu berlangsung dengan baik. Juga memastikan praktik kecurangan pemilu khususunya politik uang tidak terjadi.

“Di masa-masa tenang biasanya rentan terjadi politik uang,” terang Rustam.

Apel ini dihadiri pengawas kecamatan, pengawas desa dan pengawas TPS. Pada kesempatan itu Rustam mengatakan ada dua faktor benyebab terjadinya money politic.

Yang pertama yakni ketidak percayaan diri kontestan pemilu untuk memaparkan visi dan misinya. Sehingga kontestan harus menempuh berbagai macam kecurangan, salah satunya politik uang dan pemberian barang untuk bisa meyakinkan dirinya merebut suara pemilih.

Faktor kedua kata Rustam yaitu masyarakat menggunakan hak pilihnya tidak menggunakan rasio. Hal itu karena masih menganggap memberikan hak pilih dilakukan jika ada imblan dari calon tertentu.

Olehnya itu, kata dia, masyarakat wajib menerima pendidikan politik termasuk peserta pemilu untuk tidak melakukan kecurangan.

“Mungkin kita tidak akan mampu menuntaskan itu. Tetapi paling tidak kita bisa memberikan pendidikan politik,” tandasnya. (sam/sol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *