Pemkab Gelar Musrenbang RPJMD 2019-2024

oleh -51 views
Musrenbang RPJMD 2019-2024 Pemkab Polman

POLMAN, SULBAR EXPRESS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Polewali Mandar menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (Musrenbang RPJMD) Tahun 2019-2024 dengan tema “Polman Maju, Rakyat Sejahtera” kegiatan ini dilaksanakan di ruang pola kantor BupatI Polman, Senin 22 April.

Kepala Badan Penelitian Pembangunan dan Perencanaan (Balitbangren) Polman Darwin Badaruddin mengatakan pada kegiatan Musrenbang RPJMD akan dilakukan pembahasan penjabaran masing-masing misi, sasaran, strategi, arah kebijakan, program pembangunan daerah beserta indikator dan targetnya.

“Para peserta Musrenbang RPJMD, kami mohon perkenaannya untuk secara aktif dan intens mengikuti kegiatan ini,” kata Darwin.

Ditempat yang sama, Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar mengungkapkan pelaksanaan Musrenbang RPJMD merupakan agenda strategis dalam rangka penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan sasaran strategis arah kebijakan program pembangunan daerah lima tahun kedepan yang telah dirumuskan dalam rancangan awal RPJMD.

“Demi mencapai target semua SKPD harus kompak jangan berjalan sendiri,” ujar Andi Ibrahim.

Ia menambahkan visi dan misi dalam program lima tahun kedepan yang tertuang dalam empat misi pembangunan yakni mewujudkan taraf hidup masyarakat yang lebih baik serta sumber daya manusia yang berkualitas dan religius, memperkuat kemandirian ekonomi berbasis potensi unggulan wilayah, mengembangkan infrastruktur berkualitas yang terintegrasi serta berwawasan lingkungan dan memantapkan tata kelola pemerintahan yang berkualitas dan modern.

“Berdasarkan slogan Polman maju rakyat sejahtera, sudah semestinya semua program yang dibuat harus bisa dirasakan langsung masyarakat, bukan hanya buat teori atau angka angka,” tambahnya.

Kendati demikian, Andi Ibrahim berharap seluruh perangkat daerah dapat menjabarkan visi misi Kabupaten Polman sesuai target sasaran strategis dengan menyusun program prioritas beserta indikator kinerja yang terukur.

“Semua tahu uang yang kita gunakan adalah uang rakyat, maka program kita harus bermanfaat untuk rakyat,” ucap Andi Ibrahim.

Andi Ibrahim juga menyampaikan sasaran target utama pada musrenbang RPJMD kali ini selain pengentasan kemiskinan juga mempertahankan kembali piala adipura dan menjaga predikat wajar tanpa pengecualian (WTP).

“Jangan cuma judul bagus, tapi bagaimana kita bisa laksanakan dan tepat sasaran,” ungkap Andi Ibrahim.

Musrenbang RPJMD tersebut juga dihadiri Ketua DPRD Polman Faridudin Wahid, Wakil Ketua DPRD Amiruddin, Sekda Polman Andi Bebas Manggazali dan sejumlah stake holder lainnya.(ali/hab)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *