BPBD Gelar Penanggulangan TRC

oleh -46 views
MATERI. Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Majene Gunawan meyampaikan materi pada pelatihan penanggulangan bencana dari TRC personel BPBD Majene, di Pantai Barane.

MAJENE, SULBAR EXPRESS – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Majene, menggelar pelatihan personel penanggulangan bencana Tim Reaksi Cepat (TRC), di Pantai Barane Kelurahan Baurung Kecamatan Banggae Timur, Minggu 5 Mei.

Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Majene Gunawan menjelaskan, kegiatan penaggulangan merupakan pelatihan lanjutan dari TRC bagi personel BPBD
Majene.

Pelatihan ini dimulai pada tanggal 3 hingga 5 Mei, dengan narasumber dari PPBD Majene sebanyak 4 orang. “Kegiatan inj untuk meningkatkan sistem koordinasi yang intensif lebih baik dan memberikan panduan bagi 50 personel yang tergabung dalam TRC untuk dapat melaksanakan tugas secara cepat dan tepat sesuai dengan perkembangan kondisi bencana yang terjadi,” terangnya.

Ia berharap, kepada para personel TRC nantinya akan mampu melaksanakan tugas secara cepat dan tepat dilokasi bencana dalam waktu tertentu untuk mengidentifikasi cakupan lokasi bencana, jumlah
korban, kerusakan prasarana dan sarana.

“Target dalam pelatihan ini, berdasarkan kemampuan anggota dalam hal semangat, disiplin dan kinerja bisa meningkat, termasuk menjadi pelayan yang baik bagi masyarakat khususnya saat terjadi bencana,” tandasnya.

Kepala BPBD Majene Ilhamsyah mengatakan, personel TRC adalah ujung tombak dalam penanggulangan bencana terutama dalam masa tanggap darurat sebagai pihak pertama melakukan kaji cepat setelah terjadi becana.

“Semua peserta dari personel TRC BPBD Majene ini harus mengikuti pelatihan ini dengan serius, karena penting untuk meningkatkan kemampuan. Apalagi situasi alam yang tidak menentu seperti saat ini,” kata Ilhamsyah.

Ia mengatakan, personel TRC juga bergerak dengan cepat pula saat terjadi bencana, termasuk memiliki kemampuan untuk menyelesaikan persoalan di lapangan, karena saat bencana terjadi sering muncul persoalan di lapangan yang membutuhkan penyelesaian dengan cepat.

“Dengan tindakan yang cepat dan akurat, dapat meminimalisir korban maupun kerugian materi, dan semua ada dalam materi pelatihan ini,” katanya.(hfd/smd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *