Pemilu Serentak Berjalan Lancar, Parpol Apresiasi Kinerja Aparat Keamanan

oleh -34 views

POLEWALI, SULBAR EXPRESS – Sejumlah Partai Politik (Parpol) di Kabupaten Polman mengaku puas pada kegiatan pleno Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) hingga rekapitulasi perhitungan suara tingkat kabupaten yang lancar, sukses, dan aman.

Liaison Officer (LO) Partai Kebangkitan Bangsa( PKB) Polman Abdul Rahman mengatakan suksesnya rekapitulasi perhitungan suara karena personel keamanan baik dari TNI maupun Polri senantiasa siap siaga ikut menjaga keamanan demi kelancaran proses pemilu yang berjalan jujur dan adil.

“Personel keamanan dari Polres Polman maupun Kodim sangat luar biasa. Mereka juga ikut begadang tidak ada yang pulang demi kelancaran pemilu,” ujarnya saat ditemui di rapat pleno terbuka rekapitulasi perhitungan suara KPU Polman, di hotel Sinar Mas, Polewali, Selasa 7 Mei.

Terpisah, Sekertaris Partai Amanat Nasional (PAN) Jamar Jasin Badu mengatakan pemilu serentak 2019 ini adalah pemilu yang terberat sepanjang sejarah Republik Indonesia dalam membangun peradaban demokrasi.

“Kenapa berat, karena membuang banyak energi bahkan korban ada dimana-mana,” paparnya.

Kendati demikian, selaku Ketua Tim Pemenangan Prabowo Sandi di Kabupaten Polman secara umum ia menilai pemilu kali berjalan lancar dan aman karena secara menyeluruh semua pihak yang berkompeten baik pihak pengamanan dan panitia pemilu semua menjalankan tugas pokok dan fungsinya dengan baik dan benar.

“Kita menarik sisi positifnya saja, kelancaran proses perhitungan suara baik tingkat kabupaten hingga tingkat desa berjalan aman dan lancar,” terang Jamar Jasin Badu.

Menurutnya, dalam setiap perhelatan pemilu selalu ada yang kalah dan menang. Namun terlepas dari itu semua kontestan tidak boleh larut dalam sebuah proses kekalahan dan kemenangan.

“Karena pada hakikatnya demokrasi itu bertujuan mempersatukan semua elemen bangsa,” tandas Jamar.

Sementara itu, Ketua KPU Polman, Rudianto saat dikonfirmasi menjelaskan proses rekapitulasi perhitungan suara tingkat kecamatan di Polman berlangsung selama enam hari. Ia juga turut mengapresiasi kinerja personel keamanan sehingga pemilu kali ini dapat berjalan lancar dan sukses.

“Dari sisi keamanan kami sangat mengapresiasi pengamanan yang dilakukan aparat keamanan dalam hal ini Polres Polman hingga pada hari terakhir rekapitulasi perhitungan suara tidak terjadi gangguan keamanan sedikitpun,” ucapnya.

Hasil rapat pleno rekapitulasi perhitungan perolehan suara pemilu 2019 ini akan diserahkan langsung ke KPU Provinsi Sulawesi Barat.

“Hasil rekapitulasi perhitungan suara tersebut akan dibawa oleh kelima komisioner KPU Polman di bawah pengawasan Bawaslu Polman dan dikawal oleh aparat keamanan yakni dari Kepolisian,” tutur Rudianto. (ali/sol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *