Ratusan Wartawan Dibekali Pemahaman Konstitusi

oleh -107 views
FOTO BERSAMA. Ketua Dewan Pers, Yosep Ady Prasetyo, Ketua Mahkamah Konstitusi RI, Anwar Usman foto bersama para wartawan peserta bimtek pemahaman hak konstitusi bagi warga negara.

BOGOR, SULBAR EXPRESS – Dewan Pers bersama Mahkamah Konstitusi RI menggelar bimtek pemahaman hak konstitusi bagi warga negara. Kegiatan ini dihadiri 118 wartawan se-Indonesia.

Bimtek pemahaman hak konstitusi berlangsung di Pusdik Pancasila dan Konstitusi di Gedung Pusdik Mahkamah Konstitusi, Cisarua Bogor, dari tanggal 22 hingga 25 April.

Sekretaris Jenderal Mahkama Konstitusi, M Guntur Hamzah mengatakan peningkatan hak konstitusi bagi wartawan merupakan upaya membangun peradaban masyarakat. Sebab itu wartawan dituntut semakin paham dan mengerti.

“Dengan mengerti pemahaman konstitusi, diharapkan produk kerja wartawan berupa tulisan akan semakin kaya informasi. Itu yang kami harapkan,” kata M Guntur.

Sementara itu Ketua Dewan Pers, Yosep Ady Prasetyo berpesan kepada seluruh peserta Pusdiklat agar dapat memanfaatkan moment tersebut dengan baik. Ia juga berharap agar ilmu yang diperolah selama kegiatan bisa menjadi modal besar bagi kalangan wartawan dalam membuat berita.

“Rekan-rekan wartawan yang hadir pada hari ini adalah orang-orang terpilih dari wartawan se-Indonesia. Jadi jangan sia-siakan momen yang berharga ini,” ucapnya.

Dalam amanat sambutannya, Yosep menegaskan bahwa dalam menjalankan tugas, Pers Indonesia harus melakukan dua hal, pertama menyebarluaskan berita berdasarkan fakta, seimbang dan adil. Yang kedua, pers harus tetap skeptis terhadap segala informasi, dengan melakukan pengecekan ulang di lapangan.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua Mahkamah Konstitusi RI, Anwar Usman. Ia menyebutkan bahwa tugas wartawan merupakan tugas paling berat dari tugas lainnya di Republik ini. Karena tugasnya berat, ia berharap wartawan menjalankan profesinya dengan penuh tanggungjawab.

“Untuk mengungkap sebuah kebenaran, bukan lah mudah, maka untuk itu perlu dukungan pemahaman bagi wartawan se Indonesia. ” sebutnya. (**)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *