29 Desa Bakal Gelar Pilkades Serentak

oleh -59 views
Kasubbag Bina Pemerintahan Desa dan Kelurahan, Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Mamasa Demmattayan.

MAMASA, SULBAR EXPRESS – Sebanyak 29 desa di Kabupaten Mamasa akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak. 29 desa ini terbagi di 17 kecamatan se-Kabupaten Mamasa.

Kasubbag Bina Pemerintahan Desa dan Kelurahan, Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Mamasa Demmatayan mengatakan, pihaknya telah menyurati kepala desa bersangkutan untuk mempersiapkan panitia pemilihan.

Demmattayan menyebutkan, saat ini pihaknya sementara mempersiapkan petunjuk teknis (Juknis) pemilihan kepala desa. Dalam waktu dekat juknis dan jadwal akan diserahkan kepada panitia pemilihan kepada desa yang sudah terbentuk.

“Tanggal 8 bulan ini kami sudah serahkan juknis dan jadwalnya,” terang Demmattayan saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa 7 Mei.

Pemilihan serentak ini akan dilakukan bersamaan dengan pemilihan desa antar waktu (PAW) pada empat desa diantaranya, Desa Timoro dan Desa Gandang Dewata, Kecamatan Tabulahan, Desa Buntubuda Kecamatan Mamasa, dan Desa Leko Kacamatan Mehalaan.

Sekaitan teknisnya, Demmattayan menjelaskan, untuk pilkades serentak, akan dilakukan tes tertulis apabila calon kepala desa lebih dari lima orang setiap desa. “Minimal 5 orang calon, kalau lebih akan dites,” jelasnya.

Untuk pilkades PAW minimal 2 calon dan maksimal 3 calon disetiap desa. Jika calon kades PAW tidak mencapai calon, maka pemilihan kades PAW akan ditunda. Sementara jika terdapat lebih dari tiga orang maka juga akan dilakukan tes.

Demmattayan lanjut menjelaskan, untuk kepanitian di desa yang akan melakukan pilkades serentak, saat ini baru ada 1 desa yang melaporkan hasil pembentukan panitia, yaitu Desa Orobua Selatan, Kecamatan Sesenapadang.

Adapun jadwal pemilihan serentak akan dilakukan pada tanggal 26 Juni 2019. Demmattayan berharap agar masyarakat maupun penyelenggara nantinya tetap menjaga keamanan. (sam/sol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *