Dukung Majene Mapaccing, Lurah Galung Buat Turap Penyaring

oleh -32 views

MAJENE, SULBAR EXPRESS – Seolah tidak ada habisnya, permasalahan sampah hingga saat ini masih menjadi pekerjaan rumah yang harus diatasi pemeritah, termasuk di Majene.

Kendati memahami akan risiko yang harus ditanggung, kebiasaan sebagian masyarakat membuang sampah di sepanjang bantaran sungai, masih sulit untuk diubah. 

Akibatnya, sampah yang menumpuk di area sungai, memunculkan berbagai permasalahan lingkungan, seperti banjir, bau menyengat dan lainnya.

Mencoba sodorkan solusi atas permasalahan ini, Lurah Galung Kecamatan Banggae Nursalam merancang sebuah alat penyaring sampah pada Daerah Aliran Sungai (DAS) Saleppa di wilayahnya, agar sampah tidak lagi menumpuk di badan sungai setelah hujan.

“Pembuatan turap penyaringan sampah di sungai merupakan terobosan baru untuk mendukung program Majene Mapaccing yang digagas pak bupati supaya sampah tidak langsung ke wilayah perkotaan Majene saat diguyur hujan,” terang Nursalam, Selasa 14 Mei.

Kata dia, memasang jaring pada badan sungai akan diberi pemberat berupa batang besi pada bagian ujung jaring yang tenggelam di air. Sedangkan untuk membersihkan sampah pada jaring, cukup dengan mengangkat batang besi pada tiang yang lebih tinggi.

“Jadi sampah tidak akan lagi tercemar ke sungai Saleppa setelah turap penyaringan sampah terpasang. Untuk pembuatan turap penyaring sampah akan dilaksanakan pada tahun ini,” akunya.

Ia berharap, keberadaan turap penyaring sampah dapat mengurangi permasalahan sampah di lingkungan pemukiman warga agar tetap bersih dan mampu menumbuhkan kesadaran dan kemauan masyarakat untuk mengendalikan dan mengelola sampah dengan baik.

“Dari pengamatan kami, turap penyaringan sampah, selain membersihkan sampah, juga sebagai alat intropeksi masyarakat agar berpikir dan sadar apabila hendak membuang sampah di sungai, terutama di sekitar lingkungannya,” tandasnya.(hfd/smd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *