oleh -31 views
Pemkab Mamasa menggelar upacara pengibaran bendera Merah Putih dalam rangka peringatan Harkitnas ke-111 tahun.

*Upacara Peringatan Harkitnas
Budaya Tertib dan Disiplin Sudah Mulai Terlihat

MAMASA, SULBAR EXPRESS – Pemkab Mamasa melaksanakan upacara pengibaran bendera dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas).

Upacara peringatan Harkitnas ke-111 yang jatuh pada 20 Mei 2019 berlangsung di halaman kantor Bupati Mamasa.

Wakil Bupati Mamasa Mathinus Tiranda berlaku sebagai inspektur upacara. Pada kesempatan itu, Marthinus membacakan pidato Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Mengawali sambutannya, Marthinus mengatan, demi ketertiban dan kedisiplinan, pihaknya berterimakasih sebab kurang lebih dua bulan peserta apel mulai disiplin, tidak seperti biasanya.

Selain itu, juga mengawali sambutannya, ia meminta sejumlah peserta apel untuk taat mengikuti peraturan baris berbaris. “Kalau ada perintah peraturan baris berbaris, jangan lagi ditanggapi dengan gerakan lain dan teriakan,” pintanya.

Sambutan yang dibacakan Marthinus Tiranda lebih menekankan soal perjuangn Raja Majapahit dalam mempersatukan wilayah nusantara dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote yang telah dituangkan ke dalam Sumpah Palapa.

Kata dia, wilayah nusantara yang disatukan oleh Gajah Mada telah menjadi acuan para pejuang nasional untuk mengikat wilayah nusantara menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurutnya, peringatan Harkitnas sangat relevan jika dimaknai dengan sumpah palapa. “Kita berada dalam situasi pasca demokrasi yang menguras sebagin besar tenaga dan emosi masyarakat,” ungkapnya.

Ia menyampaikan, pada pemilu lalu diekspresikan dengan pilihn berbeda-beda, namun perbedaan itu demi untuk kebikan bangsa Indonesia. Olehnya itu, ia meminta agar persatuan dan kesatuan makin dipererat, khususnya di Kabupaten Mamasa. (sam/sol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *