Mulai Juni Rastra Ditiadakan, BPNT Beralih ke Bantuan Tunai

oleh -68 views
Kadis Sosial Polman Yusuf Djalaluddin Majid.

POLMAN, SULBAR EXPRESS – Ada sebanyak 3.679 warga Kabupaten Polewali Mandar penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), mulai bulan Juni bakal menerima bantuan uang tunai senilai Rp.110 ribu setiap bulannya.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Polman Yusuf Djalaluddin Madjid mengatakan mulai akhir Mei tidak ada lagi pembagian beras sejahtera namun digantikan dengan program BPNT.

“Modelnya itu setiap penerima akan diberikan kartu ATM dan setiap bulan akan mendapat bantuan sebesar Rp.110 ribu, itu akan digunakan untuk membeli beras yang disiapkan oleh pihak Bank di E-warung,” kata Yusuf, belum lama ini.

Menurutnya, di E-warung sudah tersedia lengkap kebutuhan pokok termasuk jenis beras sehingga setiap penerima bisa memilih membeli bahan pokok dan jenis beras sesuai keinginannya.

“Penerima bisa beli beras yang kualitas apa, terserah, apalagi juga sudah ada kebutuhan pokok lainnya,” tambahnya.

Yusuf juga menyampaikan perubahan program bantuan sosial ini diterima langsung dari Kementerian dan di Sulawesi Barat sudah ada dua kabupaten yang sudah siap beralih ke BPNT yakni Polman sendiri dan Mateng.

“Ini merupakan terobosan yang dilakukan Kementerian agar bantuan ini benar-benar tepat sasaran,” ungkap Yusuf.

Sementara itu, lanjut Yusuf warga penerima kedepan adalah warga yang telah terdaftar namanya di BPNT, Sebab, kata Yusuf, program bantuan tunai ini untuk menangkal ketimpangan pembagian pada program bantuan beras sejahtera.

“Di desa biasanya terbagi ada yang dapat tiga liter dan lima liter. dengan sistem ini tidak lagi demikian karena penerima sendiri yang melakukan penarikan dananya setiap bulannya,” terangnya.

Selain itu, daerah yang belum memiliki akses internet untuk kemudahan proses transaksi perbankan, pihak Bank Rakyat Indonesia (BRI) bersama Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) segera akan turun meninjau.

“Kami sudah mensosialisasikan perubahan program bantuan ini melalui safari ramadan dan juga pada kegiatan lainnya,” tandasnya.(ali/hab)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *