Terlibat Pelanggaran Pemilu, Kasus Haris Masuk Tahap II

oleh -94 views

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Pemilihan legislatif tahun 2019 sudah selesai. Namun, di Sulbar masih ada beberapa kasus dugaan pelanggaran pemilu ditangani oleh Sentra Gakkumdu.

Salah satunya salah satu calon legislatif partai Gerindra Haris Halim Sinring yang diduga melakukan pelanggaran.

Kasat Reskrim Polres Mamuju AKP Syamsuriansah mengatakan pada tanggal 12 Juni 2019 pihak Sentra Gakkumdu Mateng telah melanjutkan ke tahap II terkait dugaan kasus pelanggaran salah satu caleg DPRD Provinsi.

“Kita sudah masuk di tahap II dengan menyerahkan alat bukti untuk dilanjutkan ke penyidikan,” kata Syamsuriansah, Kamis 13 Juni.

Ia menambahkan adapun salah satu caleg DPRD Sulbar bernama Haris Halim Sinring diduga melakukan pelanggaran pemilu 2019.

“Kita selalu mengedepankan praduga bersalah nanti pihak pengadilan akan menentukan apakah bersalah atau tidak,” tambahnya.

Syamsuriansah juga menyampaikan melalui tahap pertama dalam pembahasan pemenuhan formil materi, sehingga dilanjutkan ditahap II.

“Jadi sudah masuk tahap penyidikan, sehingga masuk tahap ke III sampai pada tahap IV,” ungkap Syamsuriansah.

Sementara itu, lanjut Syamsuriansah, setelah pengumpulan berkas perkara dan sudah ada P21 dari pihak Kejaksaan.

“Adapun tersangka terkena pasal 523 ayat 1 dan juga pasal 280 ayat 1 Undang-undang pemilu dengan denda Rp24 juta,” tandasnya.

Sementara itu, terkait masalah ini Haris Halim hingga kemarin sore belum bisa dimintai keterangan. (hab/sol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *