Prestasi Siswa Majene Menurun

oleh -186 views
KETERANGAN. Kabid Pembinaan Ketenagaan Disdikpora Majene Nurdin memberikan keterangan kepada wartawan.

MAJENE, SULBAR EXPRESS – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Majene, mengimbau seluruh pihak sekolah untuk lebih meningkatkan kualitas dan motivasi siswa yang akan mengikuti perlombaan, baik dibidang akademik maupun non akademik.

“Imbauan ini, karena dalam dua tahun terkhir, Majene hilang dari juara pertama pada sejumlah lomba yang di programkan setiap tahunnya, entah apa kendalanya,” tutur Nurdin Kabid Pembinaan Ketenagaan Disdikpora Majene, Rabu 19 Juni.

Dikatakan, pelatihan harus dilakukan jauh hari dengan guru pembimbing, sehingga siswa lebih fokus menghadapi lomba.”Terkait penjaringan siswa berprestasi, harus melakukan dengan seleksi sejak awal, baik soal minat maupun bakat,” katanya.

Ia menyebut, pembinaan kesiswaan merupakan kegiatan pendidikan yang dilakukan di luar jam pelajaran atau di luar lingkungan sekolah dalam rangka memperluas pengetahuan, meningkatkan keterampilan untuk membentuk insan yang seutuhnya.

“Dengan kata lain, kegiatan pembinaan kesiswaan merupakan kegiatan pendidikan di luar jam pelajaran yang ditujukan untuk membantu perkembangan peserta didik, sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat dan minat melalui kegiatan yang secara khusus diselenggarakan pendidik atau tenaga kependidikan yang berkemampuan dan berkewenangan di sekolah,” paparnya.

Menurutnya, mengembangkan potensi siswa secara optimal dan terpadu yang meliputi bakat, minat dan kretivitas. Karenanya guru harus dapat memantapkan keperibadian siswa untuk mewujudkan ketahanan sekolah sebagai lingkungan pendidikan dengan mengaktualisasikan potensi siswa dalam pencapaian prestasi unggulan sesuai bakat dan minat.

“Pihak sekolah harus mngupayakan melakukan pembinaan pendidikan karakter kepada siswanya, agar Majene kembali meraih prestasi pada sejumlah kegiatan lomba seperti pada tahun sebelumnya,” harapnya.(hfd/smd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *