Jelang Pilkades Serentak, Polres Mamasa Gelar Apel Bersama

oleh -162 views
Polres Mamasa menggelar apel pasukan jelang pilkades serentak, Kamis 20 Juni 2019.

MAMASA, SULBAR EXPRESS – Sebanyak 33 desa akan menggelar pemilihan serentak di Kabupaten Mamasa pada 24 Juni mendatang. Sehubungan dengan itu, Polres Mamasa sementara mempersiapkan personel dan taktis pengamanan.

Termasuk di dalamnya apel gelar pasukan dan rapat koordinasi bersama pemerintah Kabupaten Mamasa. Apel gelar pasukan dilaksanakan di Mapolres Mamasa, Kamis 20 Juni.

Apel ini dihadiri unsur pemerintah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Mamasa.

Kapolres Mamasa, AKBP Arianto mengatakan, apel yang digelar merupakan apel kesiapan dalam menghadapi pilkades serentak di Kabupaten Mamasa.

Kata dia, esensi dari apel ini yaitu mengecek kesiapan personel, sitem maupun sarana dan prasarana dalam pengamanan pilkades yang akan dilaksanakan pada 24 Juni mendatang.

“Ini adalah kosekuensi negara demokrasi, sehingga kita menjamin keamanan setiap penyelenggaraan demokrasi,” ungkap Arianto.

Sekiatan dengan kesiapan dalam menghadapi pilkades serentak, Arianto mengaku komitmen dan siap mengawal demokrasi di tingkat desa. “Intinya kita siap mengamankan jalannya pemilihan kepala desa serentak,” pungkasnya.

Selain itu, ia mengaku pihaknya telah melakukan pola-pola deteksi dini. Dengan berbagai potensi yang diindikasikan kerawanan tersebut, dilakukan langkah-langkah kontruksif dengan sambang dan pendekatan.

“Kita sudah petakan potensi apa yang menjadi kerawanan, termasuk dalam beberapa hari kemarin kami melakukan deklarasi pilkades damai,” lanjutnya.

Kata dia, semua sepakat untuk menjaga kondusifitas dan sepakat mengerti aturan tentang rule dan rules dari kegiatan pilkades tersebut. “Seluruh masyarakat mendukung kegiatan pilkades yang aman dan sejuk,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Mamasa, Ramlan Badawi menjelaskan apel yang dikoordinir oleh Kapolres merupakan apel bersama.

Kata dia, baik teknis maupun keamanan, sudah terpadu oleh penyelenggara, keamanan dan pemerintah daerah. “Segala persiapan sudah mantap,” tandas Ramlan Badawi. (sam/sol)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *