Pemkab Mamuju Genjot Produk Pangan Lokal

oleh -133 views

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Pemkab Mamuju melalui Dinas Ketahanan Pangan melaksanakan Pangan Daerah Tahun 2019 di Atrium Ground Floor Maleo Town Square (Matos), Kamis 20 Juni.

Asisten I Pemkab Mamuju Tonga mengatakan, Pemkab akan selalu mendorong pangan yang beragam dan bergizi seimbang termasuk untuk sumber protein maupun vitamin dan mineral.

“Makanya kegiatan seperti ini harus kita lakukan sekaligus mempromosikan pangan lokal sebagai komoditas ekspor. Ini juga membuka peluang dan kerjasama seluruh stokeholder terkait pengembangan pangan daerah,” kata Tonga.

Ia menambahkan pemenuhan pangan sangat penting sebagai komponen dasar untuk mewujudkan sumber daya yang berkualitas.

“Saya berharap kegiatan ini dapat membangkitkan kembali pangan lokal sehingga bisa berdaya saing global kedepan,” tambahnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Hariani Wahid mengungkapkan kegiatan ini dilakukan setiap tahunya dan termasuk kegiatan nasional.

“Jadi ini kita adakan lomba dan yang juara nantinya akan mewakili Mamuju pada tingkat provinsi,” ucap Hariani.

Hariani juga menyampaikan lomba tersebut diikuti oleh semua desa yang ada di Mamuju. Jumlahnya hingga ada 48 desa.

“Kita membuat event seperti ini sekaligus ajang promosi produk lokal kita di Mamuju. Alhamdulillah sudah ada olahan kita yang dipasarkan keluar daerah bahkan kita juga bawa ke skala nasional,” ungkap Hariani.

Sementara itu, lanjut Hariani, untuk tahun 2019 ini pihaknya menargetkan pola pangan harapan (PPH) berada pada angka 96,5 persen, dimana tahun 2018 berada di 88,5 persen.

“Kita optimis dengan semua kerjasama berbagai pihak target tahun ini bisa dicapai, sehingga pangan kita bisa lebih meningkat dan banyak keluar daerah,” tandasnya. (hab/sol)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *