CJH Diimbau Bawa Barang Secukupnya

oleh -161 views
Infografis

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Rangkaian ibadah haji tahun 2019 segera dilaksanakan, untuk Sulbar sendiri tahapan pelunasan calon jemaah haji (CJH) sudah berakhir.

Plt Kepala Bidang Haji dan Umroh Kemenag Sulbar Najamuddin mengatakan pelunasan CJH sudah berakhir dan tersisa dua orang belum melunasi.

“Ada dua belum melunasi di Mamuju dua orang. Jadi akan diisi oleh jemaah cadangan yang telah melunasi yang jelasnya akan dimaksimalkan kuotanya,” kata Najamuddin, kemarin.

Sedangkan, Kakanwil Kemenag Sulbar H Muflih B Fattah mengungkapkan saat ini dipersiapkan pemberangkatan bagi CJH untuk masuk diasrama haji Makassar.

“Paspornya sementara diurus di Jakarta untuk dibuatkan visanya untuk semua CJH di Sulbar,” ucap Muflih, Kamis 4 Juli.

Ia menambahkan CJH akan masuk ke asrama haji di Makassar sebelum diberangkatkan dan pemberangkatannya di CJH dimasing-masing kabupaten.

“Para CJH juga harus menunjukkan bukti pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH). Selain itu, ada surat panggilan masuk asrama (SPMA), buku kesehatan jemaah haji (BKJH), dan buku panduan manasik. KTP dan identitas lain tidak perlu dibawa,” tambahnya.

Muflih juga menyampaikan pemeriksaan dilakukan secara ketat untuk memastikan para CJH tidak membawa barang yang dilarang.

“Termasuk harus membawa barang secukupnya saja. Jangan berlebihan, apalagi sampai melanggar aturan,” ungkap Muflih.

Sementara itu, lanjut Muflih, untuk keperluan lainnya tidak jauh beda dengan tahun sebelumnya. Dirinya juga mengimbau untuk tidak membawa koper berlebihan.

“Semoga pelaksanaan ibadah haji tahun ini berjalan lancar, para CJH juga diharapkan selalu menjaga kesehatan sampai pemberangkatan,” tandasnya. (hab/sol)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *