Terkait Sidang PHPU di MK, KPU Pasangkayu Buka Kotak Suara

oleh -188 views
KPU Pasangkayu membuka surat suara di aula kantor KPU Pasangkayu.

PASANGKAYU, SULBAR EXPRESS – Berdasarkan surat KPU RI Nomor 984/PY.01.1-SD/03/KPU/VII/2019 berkaitan dengan sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK). KPU Pasangkayu melakukan pembukaan kotak suara di aula kantor KPU Pasangkayu, Jalan Ir Soekarno Kabupupaten Pasangkayu, Kamis 4 Juli.

Hadir dikegiatan tersebut, Ketua KPU Pasangkayu Syahran Ahmad, Komisioner KPU Pasangkayu Harlywood Suly Junior, Alamsyah, Heriansyah, Komisioner Bawaslu Pasangkayu Syamsuddin, perwakilan PDIP Pasangkayu Farham, perwakilan Partai Nasdem Pasangkayu Mursyid, perwakilan Partai Golkar Pasangkayu Muliadi, serta perwakilan Partai Hanura Pasangkayu Muslim.

Ketua KPU Pasangkayu, Syahran Ahmad mengatakan pihaknya mengumpulkan alat bukti berdasarkan perintah dari KPU RI dan pihak pengacara berdasarkan gugatan yang berkaitan dengan pemilu di Pasangkayu. Diantaranya gugatan oleh Partai Berkarya untuk jenis pemilihan DPR RI, gugatan oleh PDIP untuk jenis pemilihan DPR RI, gugatan oleh Partai Golkar untuk jenis Pemilihan DPR RI, gugatan oleh Partai Gerindra untuk jenis pemilihan DPRD Provinsi, dan gugatan oleh partai Nasdem untuk jenis Pemilihan DPRD Kabupaten.

“Berkas yang dikumpulkan diantaranya formulir DB, DA, DA1, DA2, C1 Hologram, serta C7 DPK. Proses pengumpulan alat bukti tersebut harus selesai pada hari ini juga, karena pada tanggal 5 Juli 2019 alat bukti tersebut akan dibawa ke Jakarta,” katanya.

Sementara anggota Bawaslu Pasangkayu, Syamsudin menyampaikan pihaknya melakukan pengawasan terhadap pembukaan kotak suara dan memastikan KPU mengambil formulir yang akan dijadikan sebagai alat bukti dalam persidangan di MK. Dimana formulir tersebut kemudian akan digandakan dan dibuatkan berita acara, sedangkan alat bukti yang dibawa ke Jakarta nanti adalah dokumen scan atau fotocopy.

Kami tidak mengetahui berapa lama pembukaan kotak suara ini selesai, karena hal tersebut menjadi domain dari KPU Pasangkayu. Namun pada prinspnya, pihaknya akan melakukan pengawasan mulai dari pembukaan kotak suara hingga pengembalian kotak suara seperti semula.

Hingga pukul 20.15 Wita, Form C1 plano untuk pemilihan DPRD Kabupaten pada TPS 8 Desa Randomayang masih belum ditemukan. Sebelumnya, jajaran KPU Pasangkayu tidak menemukan Form C1 plano tersebut pada kotak suara TPS 8 Desa Randomayang.

KPU menduga bahwa Form C1 plano yang dicari tersebut berada pada kotak suara TPS lainnya. Apabila sampai besok form C1 plano tersebut tidak ditemukan, maka pihak KPU akan mengupayakan membawa foto C1 plano TPS 8 Desa Randomayang ke MK, bukan berupa hasil scan. (ndi/sol)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *