Kades dan BPD Bukanlah Lawan

oleh -195 views
LANTIK. Bupati Majene Fahmi Massiara melantik sebanyak 52 orang Ketua BPD beserta ratusan orang anggota BPD, di Gedung Assamalewuang Majene, Rabu 17 Juli 2019.

MAJENE, SULBAR EXPRESS – Tugas pokok Badan Permusyaratan Desa (BPD), adalah membuat Peraturan Desa (Perdes), yang akan menjadi salah satu barometer kinerja selaku anggota BPD.

Dalam menjalankan tugas dan fungsi BPD, Bupati Majene Fahmi Massiara menekankan, agar BPD tidak hanya sebatas membuat satu Perdes.”Banyak Perdes yang bisa dibuat, dengan memberikan sanksi administrasi kepada yang melanggar,” tutur Fahmi, pada pelantikan BPD periode 2019-2025, di Gedung Assamalewuang Majene, Rabu 17 Juli.

Dikatakan, tugas BPD lainnya, mengawasi kepala desa dalam menjalankan roda pemerintahan sesuai dengan namanya permusyawaratan. Artinya, apabila terdapat persoalan, harus diselesaikan secara musyawarah selanjutnya diberikan teguran.

“BPD bisa menegur dan memanggil kepala desa dan aparatnya untuk diminta klarifikasi, jika terdapat masalah. Langkah ini lebih terpuji dan elegan, dari pada memusuhi kepala desa dan membuat isu-isu negatif dan provokatif di masyarakat,” pesan Fahmi.

Diungkapkan, kepala desa bukanlah lawan bagi para anggota BPD, akan tetapi seorang kepala desa beserta aparatur pemerintah desa lainnya adalah mitra bagi BPD, untuk bekerja sama secara sinergi, sehingga program yang akan dilaksanakan di desa terlaksana dengan baik dan lancar.

Ia menambahkan, BPD juga mempunyai tugas mewakili masyarakat menyampaikan aspirasi kepada pemerintah desa.”Jadi, BPD juga berperan menyerap aspirasi pembangunan yang dibutuhkan masyarakat. Anggota BPD hendaknya mengetahui kondisi warganya dan potensi apa yang bisa dikembangkan di desa, sehingga pembangunan dapat lebih tepat guna dan tepat sasaran,” tandasnya.

Bupati mengambil sumpah dan melantik BPD, serta menyerahkan Surat Keputusan (SK) secara simbolis kepada perwakilan dari setiap kecamatan sekaligus ucapan selamat terhadap 52 orang ketua BPD beserta anggotanya yang baru dilantik.

Hadir dalam pelantikan tersebut, Wakil Bupati Majene Lukman Nurman, Sekkab Majene Andi Achmad Syukri Tammalele, para anggota DPRD Majene, para pimpinan OPD, camat dan para kades.(hfd/smd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *