Distanakbun Mulai Awasi Ternak Qurban

oleh -167 views
Kasi Kesmavet Pengolahan dan Pemasaran Distanakbun Majene Irmayanti

MAJENE, SULBAR EXPRESS – Jelang hari raya Idul Adha 1440 Hijriah, Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan (Distanakbun) Majene melakukan pengawasan dan pemeriksaan hewan qurban di daerah ini.

Kasi Kesmavet Pengolahan dan Pemasaran Distanakbun Majene Irmayanti menjelaskan, pengawasan dan pemeriksaan untuk memastikan hewan qurban layak untuk disembelih.

“Selain itu, pemeriksaan dan pengawasan dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang akan memilih hewan qurban,” terang Irmayanti, Senin 22 Juli.

Dikatakan, pemeriksaan hewan qurban difokuskan bagi ternak yang akan dikirim ke wilayah luar Sulbar, seperti pulau Kalimantan serta wilayah lainnya.”Tidak diperkenangkan menjual atau menyembeli ternak betina, kecuali sudah tidak beproduktif,” ujarnya.

Ia menuturkan, hewan qurban dilakukan pengamatan dan pemeriksaan fisik atau performance yang akan dijual dengan memenuhi kriteria dari ciri-ciri ternak yang sehat, misalnya lincah, muka cerah, nafsu makan baik, tidak cacat dan seterusnya.

Selainnya, Distanakbun juga melakukan pemeriksaan antemortem, yakni pemeriksaan kesehatan yang dilakukan sebelum pemotongan, meliputi pemeriksaan kesehatan berdasarkan ciri-ciri sehat. Apabila hewan qurban diperiksa secara antemortem dinyatakan sehat maka boleh dipotong. Bahkan cara pemeriksaan ini dilakukan setelah penyembelihan.

“Kegiatan pemeriksaan hewan ternak, tidak hanya dilakukan ketika menjelang hari Idul Adha, tapi sudah menjadi program tahunan, demi mengantisipasi segala penyakit pada hewan yang bisa membahayakan masyarakat,” tandasnya.(hfd/smd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *