Warga Binaan Ikuti Pelatihan Jasa Konstruksi

oleh -175 views
Mewakili Kakanwil Kemenkumham Sulbar, Sugandi buka pelatihan jasa konstruksi di Lapas Polewali.

POLMAN, SULBAR EXPRESS – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Barat bekerja sama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar menggelar pelatihan peningkatan kapasitas bagi petugas dan warga binaan pemasyarakatan di bidang jasa konstruksi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas ) kelas II B Polewali, pelatihan tersebut berlangsung selama tiga hari kedepan, mulai 22 hingga 25 Juli,

Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar, Faisal Lukman berharap seluruh peserta yang mengikuti pelatihan memperoleh sertifikat sehingga dapat dimanfaatkan mendapatkan pekerjaan konstruksi, Kata dia, hal itu sesuai amanah undang undang nomor 2 tahun 2017 bahwa semua tenaga kerja harus bersertifikat.

“Karena ada nilai tambahnya, paling tidak yang bekerja di bidang kontruksi harus bersertifikat itu menandakan anda punya kompetensi,” kata Faisal.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas PUPR Polman Edy Wibowo mengatakan percepatan sertifikasi bagi tenaga kontruksi bertujuan untuk pemenuhan persyaratan baik itu tukang kayu, las maupun tukang batu.

“Kedepannya semua pekerjaan pembangunan yang dikerjakan pemerintah tenaga pertukangannya harus memiliki sertifikatnya,” ucap Edy.

Sementara itu, mewakili Kepala Kanwil Kemenkumham Sulbar, Sugandi, menuturkan kesempatan mengikuti pelatihan jasa konstruksi patut disyukuri karena belum tentu yang mahir dalam bertukang memiliki sertifikat.

“Kesempatan yang baik ini harus dimanfaatkan guna menciptakan warga binaan yang terampil, semoga dapat dimanfaatkan, ” ujar Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi , Pengelolaan Benda Sitaan Barang Rampasan Negara dan Keamanan, Sugandi.

mewakili Lembaga Pemeliharan Jasa Konstruksi ( LPJK ) Sulbar, Nurmiati Zamad, mengungkapkan berdasarkan catatan LPJK sejak 2017 sampai sekarang sudah ada 800 lebih peserta yang mengikuti pelatihan jasa konstruksi, sementara 634 diantaranya sudah memiliki sertifikat.

“Pesertanya didominasi dari wilayah Majene dan Polman,” tandasnya.

Pembukaan kegiatan peningkatan kapasitas bagi petugas dan warga binaan pemasyarakatan di bidang jasa konstruksi tersebut ditandai dengan pemukulan gong yang dilakukan oleh Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi , Pengelolaan Benda Sitaan Barang Rampasan Negara dan Keamanan, Sugandi mewakili Kakanwil Kemenkum HAM Sulbar. (**)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *