Bupati Beri Penghargaan Kepada 12 Kades

oleh -87 views
PENGHARGAAN. Bupati Mamuju Habsi Wahid memberikan penghargaan kepada 12 kepala desa, Selasa 30 Juli 2019.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Bupati Mamuju Habsi Wahid memberikan penghargaan kepada 12 desa di sela-sela kegiatan Bursa Inovasi Desa claster II di Kecamatan Mamuju, Selasa 30 Juli.

Mereka yang mendapat penghargaan karena mampu memanfaatkan Bursa Inovasi Desa tahun 2018. 12 desa tersebut mereplikasi menu-menu kegiatan yang ada di bursa inovasi desa tahun 2018 dengan menuangkannya dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2019.

Bursa Inovasi Desa menyajikan stand berisi ragam kegiatan di desa yang dapat direplikasi oleh desa lain. Ada bursa A bidang infrastruktur, bursa B bidang kewirausahaan, dan bursa C bidang Sumber Daya Manusia.

Disana, setiap desa diminta untuk mengisi formulir ide dan komitmen untuk mereplikasi kegiatan inovasi di desanya yang dapat dimasukkan dalam APBDes 2020.

Habsi Wahid berharap, desa-desa lain yang ada di Kabupaten Mamuju juga dapat memanfaatkan kegiatan bursa inovasi desa. Sehingga dapat mereplikasi program-program inovasi sesuai dengan karakteristik desanya.

Ia juga mengingatkan agar perangkat desa tidak bekerja sendiri, namun dapat melibatkan setiap kelompok masyarakat yang ada di desanya.

“Kita berharap dengan hasil inovasi desa akan melahirkan ide program yang akan dituangkan tahun depan, mungkin ada sifatnya diprogram langsung oleh desa atau di program oleh kabupaten atau provinsi. Sehingga dapat benar-benar terlaksana tahun depan,” kata Habsi Wahid.

Untuk diketahui, Bursa Inovasi Desa claster II di Kecamatan Mamuju, diikuti oleh 7 kecamatan se kabupaten Mamuju. Diantaranya Mamuju, Simboro, Tapalang, Tapalang Barat, Bonehau, Kalumpang dan Bala-balakang.

Adapun 12 desa yang mendapat penghargaan dari Bupati Mamuju yaitu Desa Botteng Utara, Desa Saletto dan Desa Dungkait dengan kegiatan pembangunan sarana olah raga desa, Desa Tapandullu dengan kegiatan pengadaan Rompong Ikan, Desa Karampuang dengan kegiatan Pelatihan Snorkling, Desa Tadui kegiatan kewirausahaan pengelolaan sampah, juga Desa Batu Pannu kegiatan pelatihan tenaga pendidik Paud.

Kemudian di Kecamatan Tapalang ada Desa Taan kegiatan Sistem Informasi Desa dan Desa Kopeang kegiatan pembangunan rabat beton dengan lapisan dasar anyaman bambu. Juga ada kegiatan pengadaan layanan kesehatan oleh Desa Lebani dan Desa Labuan Rano. Serta Desa Bala-balakang dengan kegiatan pembangunan paud holistik integratif. (**)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *