Disbudpar Konservasi Koleksi Museum

oleh -246 views
KONSERVASI. Pihak museum Mandar Majene, melakukan konservasi koleksi musem Mandara Majene pada sejumlah benda pusaka, di Museum Mandar Majene, Selasa 29 Juli 2019.

MAJENE, SULBAR EXPRESS – Benda pusaka merupakan karya seni yang bernilai tinggi dan bersejarah. Untuk melestarikan benda pusaka khususnya di Museum Mandara Majene, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Majene, melakukan kegiatan konsevasi koleksi Museum Mandar Majene, Selasa 30 Juli.

Kabid Pengembangan Kebudayaan Disbudpar Majene Muh Yassin menjelaskan, konservasi adalah suatu tindakan pelestarian dengan cara memelihara dan mengawetkan benda cagar budaya sebagai upaya untuk menghambat dan menghindari terjadinya kerusakan dan pemusnahan.

“Konservasi koleksi museum, artinya melakukan kegiatan untuk melestarikan nilai-nilai yang terkandung pada koleksi museum, yaitu suatu benda cagar budaya yang sudah menjadi milik museum dan memiliki nilai ilmu pengetahuan, nilai keagamaan, nilai historis, nilai kesenian, teknologi dan sebagainya,” ulasnya.

Dikatakan, setiap benda budaya yang menjadi koleksi museum disimpan dan dirawat supaya dapat dimanfaatkan pengunjung untuk berbagai keperluan, sepert pendidikan, penelitian, pengembangan nilai-nilai budaya warisan bangsa bahkan sebagai sarana rekreasi.

“Museum sebagai salah satu unit pelaksana teknis yang mengelola benda cagar budaya, fungsi pelestarian dan perlindungan terkait erat dengan fungsi serta peran museum sebagai lembaga pelestarian warisan budaya bangsa sebagai bagian asset yang tiada ternilai, menyimpan dan menyajikannya untuk kepentingan masyarakat dalam wujud koleksinya,” paparnya.

Ia menambahkan, kerusakan yang sering terjadi pada koleksi berbahan organik berupa pelapukan, terserang hama, seperti jamur, fungi, insect, rayap, tikus, patah, retak, robek, perubahan warna.

“Sedangkan kerusakan pada koleksi berbahan non organik berupa perkaratan, penggaraman, retak, pecah dan sebagainya,” pungkasnya.(hfd/smd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *