Inovasi Pendidikan, Bupati: Siswa Perlu belajar di Alam Terbuka

oleh -183 views
Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar

POLMAN, SULBAR EXPRESS – Bupati Kabupaten Polman Andi Ibrahim Masdar berencana melakukan inovasi di bidang pendidikan, terobosan yang akan diterapkan tersebut yakni mengajak para siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) belajar di tempat alam terbuka di area sport center Polewali, tujuannya, supaya siswa lebih mudah mengenal alam dan tidak merasa jenuh karena setiap harinya belajar di ruangan tertutup.

Bupati Kabupaten Polman Andi Ibrahim mengatakan untuk mewujudkan cita-citanya itu dirinya akan mencari anggaran pengadaan mobiler meja dan kursi untuk para siswa, Kemudian biaya transportasi siswa akan ditanggung dengan mengaktifkan bus sekolah.

“Saya akan cari dana dulu supaya bisa menunaikannya sebab nantinya akan ditempatkan di area sport center Polewali dibawah pohon yang teduh,” kata Andi Ibrahim, saat ditemui di kantor Disdikbud Polman, Selasa 30 Juli.

Ia menambahkan bila rencana itu terwujud, seluruh siswa SMP di Polman akan belajar di area sport center seminggu sekali secara bergiliran, Meski demikian untuk tahap awal siswa SMP terdekat dulu yang berada di sekitar Kota Polewali dijadikan percontohan.

“Nanti kalau sudah lama jalan baru kita jadwalkan untuk sekolah lainnya di Polman,” tambahnya.

Andi Ibrahim juga menyampaikan idenya ini timbul setelah mencermati adanya kejenuhan siswa jika terus belajar di ruang tertutup, Apalagi disekelilingnya hanya bisa melihat papan tulis, bangku serta tembok sekolah.

“Yang pastinya siswa akan merasa bosan dan jenuh sehingga kita mencoba melakukan inovasi bagaimana siswa dalam belajarnya pikiranya terbuka luas seluas pemandangan yang ada disekitarnya sambil mengenal alam dan melihat lihat pembangunan yang ada di Kota Polman,” ungkap Andi Ibrahim.

Selain itu, lanjut Andi Ibrahim pelaksanaan awal belajar di alam terbuka akan dilakukan mulai bulan depan.

“Program ini sudah dikomunikasikan dengan Dinas pendidikan dan mereka akan mengaturnya nanti,” terangnya.

Sementara itu, ditempat yang sama, Sekertaris Disdikbud Polman Hamka Rasyid saat dikonfirmasi merespon positif dan mendukung keinginan Bupati dua periode tersebut, Sebab kata dia, belajar di alam terbuka sangat menarik dan menantang.

“Selama ini siswa belajar dengan ruangan tertutup memang merasa Jenuh karena menerima pelajaran di ruang tertutup yang dilihatnya hanya tembok dan dinding,” ujar Hamka.

Ia berharap program belajar di alam terbuka menambah semangat belajar siswa SMP.

“Memang juga di kurikulum sudah ada program seperti itu yakni masuk dalam materi muatan lokal, dan kita sangat setuju dengan inovasi yang sangat bagus ini,” tandasnya.(ali/hab)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *