Uji Publik Ranperda Tentang Penyelenggaraan Kearsipan, Pemkab: Sudah Sesusi Prosedur

oleh -182 views
UJI PUBLIK. Perwakilan OPD lingkup Pemda Pasangkayu saat ikut menghadiri acara uji publik Ranperda tentang Penyelenggaraan Kearsipan di ruang pola kantor bupati Pasangkayu, Rabu 7 Agustus 2019.

PASANGKAYU, SULBAR EXPRESS – Pemerintah Kabupaten Pasangkayu melalui Bagian Hukum dan HAM melakukan uji publik Ranperda (Rancangan Peraturan Daerah) tentang penyelenggaraan kearsipan.

Uji publik yang dihadiri perwakilan OPD lingkup Pasangkayu menghadirkan pemateri dari Kementrian Hukum dan HAM Sulbar. Dibuka lansung oleh Plt Kepala Bagian Hukum dan HAM Pasangkayu, Moelyadi, di ruang pola kantor bupati Pasangkayu, Rabu 7 Agustus.

Dalam sambutannya, Moelyadi menjelaskan, uji publik Ranperda dianggap salah satu prosedur dalam menetapkan Perda tentang penyelenggaraan kearsipan di daerah.

Menurutnya, arsip memegang peran penting sebagai bagian dari identitas suatu daerah yang dapat berguna sebagai sarana penyelamatan wilayah, serta dapat berperan sebagai salah satu sarana pemersatu bangsa.

“Kita semua harus memahami tujuan dari uji publik Ranperda serta tujuan bagi pelaksanaan pemerintahan di daerah setelah disahkannya menjadi Perda nantinya,” singkat Moelyadi.

Kepala Devisi Pelayanan Hukum dan HAM Kementrian Hukum dan HAM Sulbar Sri Yuliana dalam materinya menjelaskan, berbicara masalah kearsipan. Kata dia arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan, daerah, dan perorangan dalam melaksanakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Untuk arsip sendiri terbagi beberapa macam diantaranya, ada arsip dinamis, arsip aktif, arsip inaktif, arsip vital, arsip statis, arsip umum, arsip terjaga,” urai Sri. (ndi/sol)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *