Untuk Pembibitan Kopi, Pemkab Kucurkan Dana Rp500 Juta

oleh -198 views
Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura, Mambu

MAMASA, SULBAR EXPRESS – Pemkab Mamasa terus bekerja keras mewujudkan kopi agar menjadi komoditas andalan. Salah satunya dengan mengucurkan anggaran bibit dengan nilai anggaran mencapai Rp500 juta.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Mamasa, Mambu saat dikonfirmasi Selasa 20 Agustus, mengatakan anggaran untuk bibit kopi dialokasikan pada APBD tahun anggaran 2019.

Ia menjelaskan, dana yang bersumber dari dana alokasi umum (DAU) itu akan digelontorkan untuk pengadaan bibit kopi sebanya 120 ribu pohon.

Secara teknis, kata Mambu, pengelolaan bibit kopi nantinya akan ditempatkan pada lima titik. Belum dipastikan dimana saja penempatan pembibitan kopi nantinya, namun disebutkan, pembibitan itu akan ditempatkan di masing-masing Balai Penyuluh Pertanian (BPP).

Setelah bibit tersebut layak untuk ditanam, akan dibagikan kepada kelompok tani. “Rencananya akan ditempatkan pada lima titik, setelah tumbuh akan dibagikan kepada masyarakat,” kata Mambu.

Dijelaskan, untuk bibit kopi nantinya, dibagi dalam dau jenis kopi, yaitu arabika dan rebusta. Hal itu dilakukan sesui dengan topografi Kabupaten Mamasa yang berada di ketinggia 400 hingga 1600 MDPL.

“Untuk arabika, itu akan dibagi ke wilayah di atas ketinggian 600 meter, dan rebusta untuk dataran rendah,” jelasnya.

Menurut Mambu, pengembangan kopi di Mamasa ini dilakukan sesuai dengan visi dan misi Bupati Mamasa, Ramlan Badawi untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Ini untuk pengembangan komuditas andalan Kabupaten Mamasa,” tuturnya.

Diharapkan melalui program ini dapat mengembalikan kejayaan Mamasa seperti masa sebelumnya di bidang pertanian kopi. (sam/sol)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *