Peduli Abrasi Pantai, KPU Sulbar Tanam Manggrove di Pantai Mampie

oleh -151 views
Komisioner KPU Sulbar tanam manggrove di pantai Mampie.

POLMAN, SULBAR EXPRESS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Barat bersama para Komisioner KPU kabupaten se Sulawesi Barat mengunjungi kawasan pelestarian penyu di rumah penyu, Setelah itu, rombongan kemudian melakukan penanaman manggrove di Pantai Mampie Desa Galeso Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polman, Rabu 28 Agustus.

Penanaman pohon manggrove tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian KPU terhadap kelestarian lingkungan khususnya pencegahan abrasi yang selama ini terus melanda sepanjang wilayah pesisir pantai Mampie, kegiatan bakti sosial tersebut menjadi bagian dari rangkaian rapat koordinasi evaluasi program sosialisasi dan partisipasi masyarakat pada Pemuli 2019.

Kabag Hukum, Teknis dan Humas Sekretariat KPU Sulbar Arman mengatakan bahwa KPU Sulbar tidak hanya bekerja untuk penyelenggaraan pemilu akan tetapi juga peduli terhadap lingkungan yang bermakna bahwa KPU sebagai lembaga diibaratkan sebagai pohon yang bertumbuh semakin lama semakin kuat menancapkan akarnya kemudian semakin rindang sehingga dapat membawa kesejukan.

“Tanaman mangrove dipilih karena manggrove merupakan tumbuhan yang kuat, walaupun setiap saat dihantam dengan ombak tetap mampu bertahan bahkan mampu mencegah terjadinya abrasi, begitupula diharapkan KPU Sulbar sebagai penyelenggara Pemilu yang setiap saat ditempa kritikan sehingga mampu membuat KPU semakin berkualitas dalam menyelenggarakan Pemilu,” kata Arman.

“Kita juga berharap dengan penanaman mangrove yang kami lakukan mampu mencegah abrasi di mampie dan bermanfaat untuk masyarakat sekitar,” tambahnya.

Ditenpat yang sama, Komisioner KPU Sulbar Adi Arwan Alimin mengungkapkan kegiatan ini merupakan wujud kepedulian KPU pada lingkungan khususnya pelestarian penyu dan mangrove.

“KPU ingin mengambil bagian dalam upaya pelestarian lingkungan juga konservasi penyu. Bahwa KPU juga memiliki kepedulian pada lingkungan hidup,” ucap Adi Arwan.

Usai melakukan penanaman Manggrove. sejumlah peserta rakor kemudian mendengarkan pemaparan Ketua Sahabat Penyu Muh Yusri terkait konservasi Penyu di halaman Rumah Penyu.

Aksi sosial penanaman manggrove di Pantai Mampie di apresiasi masyarakat setempat, Salah satunya Rahman, dirinya merasa sangat senang dengan adanya kepedulian yang dilakukan oleh KPU.

“Kita sangat terbantu, semoga selalu ada seperti ini yang peduli pada Mampie,” tandasnya. (ali/hab)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *