21 November Pilkades Digelar

oleh -106 views
PILKADES. Kabid Pemerintahan Desa Dinas PMD Majene Sugiarto menyampaikan sejumlah teknis Pilkades, di ruang pola Kantor bupati Majene.

MAJENE, SULBAR EXPRESS – Masa jabatan 19 kepala desa di Majene akan berakhir tahun mendatang. Ke 19 desa ini menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 21 November mendatang.

“Jika tidak ada aral melintang, Pemkab Majene akan menggelar Pilkades secara serentak di 19 desa pada 21 November,” sebut Sugiarto Kabid Pemerintahan Desa Dinas PMD Majene, Jumat 30 Agustus.

Dikatakan, dari 19 desa yang mengikuti Pilakdes serentak berada di enam wilayah kecamatan.”Untuk saat ini, kita tengah mempersiapkan tahapan dengan menjadikan Permendagri tahun 2015 sebagai rujukan,” ungkapnya.

Dituturkan, jadwal penetapan Pilkades di 19 desa, sesuai pada pembahasan Rapat Koordinasi (Rakor) Pelaksana Pilkades serentak 2019, Senin 26 Agustus, di Ruang Pola Kantor Bupati Majene.

“Dalam daftar sebanyak 19 desa yang menggelar Pilkades serentak, karena masa jabatan pimpinan di desa itu mulai berakhir pada Januari 2020,” katanya.

Menurutnya, jika masa jabatan kades berakhir pada awal 2020, maka kekosongan jabatan diisi pelaksana tugas (Plt).”Kemungkinan 19 Kades ini cuti sementara, setelah itu melanjutkan tugasnya,” bebernya.

Apabila pejabat Kades atau Incumbent tidak terpilih lagi dalam Pilkades lanjutnya, masih dapat menyelesaikan tugasnya sampai akhir masa jabatannya.

“Bagi masyarakat yang akan berkompetisi mencalonkan diri sebagai calon kades, diharapkan mempersiapkan diri. Untuk tahapan kita mulai dari persiapan, pencalonan, pemungutan suara, hingga penetapan,” tandasnya.

Kata dia, calon kades yang memenuhi pensyaratan berjumlah paling sedikit 2 orang dan paling banyak 5 orang dan akan dilanjutkan dengan penyampaian bertita acara penetapan calon dan keputusan Ketua panitia pemilihan kepada Badan Perwakilan Desa (BPD) setempat.

“Semoga Pilkades serentak tetap berjalan aman, lancar, tertib dan kondusif dan dapat terkendali dengan sukse seperti pada Pilkades sebelumnya,” harapnya.(hfd/smd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *