Distanpan Segera Salurkan Kartu Tani

oleh -162 views
Kabid Pertanian Distanpan Polman, Andi Ibrahim Wela.

POLEWALI, SULBAR EXPRESS – Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpan) Kabupaten Polman segera bagikan kartu tani yang diperuntukkan bagi petani.

Kepala Bidang Pertanian Distanpan Polman Andi Ibrahim Wela saat di konfirmasi, menyampaikan dalam waktu dekat ini pihaknya akan menyalurkan kartu tani bagi para petani di Polman. Kartu tani ini memiliki beberapa manfaat utamanya dalam mendapatkan program bantuan pertanian dari pemerintah pusat.

“Kartu tani ini merupakan program pusat yang sudah terintegrasi dan diharuskan semua petani memiliki kartu ini,” kata Andi Ibrahim, Kamis 29 Agustus.

Lanjutnya, melalui kartu tani ini semua transaksi pertanian dapat diakses. Kata dia, kartu tani ini juga berfungsi untuk pendataan petani yang ada di Polman dan yang berhak mendapatkan adalah petani yang terdaftar dalam daftar Rencana defenitif kebutuhan kelompok (RDKK).

“Jadi bagi petani yang akan mendapatkan kartu tani, Dia harus masuk dalam daftar kelompok tani, itu yang menjadi persyaratan utama untuk mendapatkan kartu tani,” imbuh Andi Ibrahim.

Lebih jauh, ia menyampaikan pemegang kartu ini selain berhak mendapatkan program bantuan, juga sangat terbantu ketika membeli pupuk bersubsidi . ” Karena akan mendapat keuntungan lebih yakni dapat harga standar yang tidak bisa didapat petani lainnya.” ujar Andi Ibrahim

Terpisah, salah seorang Petani penggarap di Kecamatan Matakali Tamrin mengatakan, saat ini kelompok taninya sedang mendata semua anggota untuk diusulkan mendapatkan kartu tani. Ia juga menyampaikan kartu tersebut akan sangat membantu utamanya dalam pembelian pupuk yang murah.

“Menurut infomasi yang kami terima kartu ini banyak manfaat, utamanya saat membeli pupuk kita akan dapat harga yang dibawah standar harga pasaran,” tandasnya.(ali/hab)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *