Pengoperasian Tambak Udang Berkelanjutan, PT. RTL Gelar Sosialisasi dan Konsultasi Publik

oleh -223 views
FOTO BERSAMA. Manajmen PT Rondomayang Tambak Lestari (RTL) foto bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup H Jamal, Camat Bambalamotu Masra Djohar serta para peserta usai acara sosialisasi dan konsultasi publik pengoperasian tambak udang berkelanjutan di aula desa Rondomayang, Sabtu 31 Agustus 2019.

PASANGKAYU, SULBAR EXPRESS – Sebelum melakukan aktivitas pengoperasian tambak udang berkelanjutan di Desa Rondomayang, Kecamatan Bambalamotu, PT Romdomayang Tambak Lestari (TRL) menggelar sosialisasi dan konsultasi publik pembangunan dan pengoperasian tambak udang berkelanjutan.

Sosialisasi yang dihadiri puluhan masyarakat, juga dihadiri Camat Bambalamotu Masra Djohar dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pasangkayu H Jamal, di aula kantor Desa Romdomayang, Sabtu 31 Agustus.

Dalam sambutanya Manager PT RTL, Gatot menyampaikan, sosialisasi dan konsultasi yang melibatkan pemerintah dan masyarakat ini merupakan suatu keharusan yang dilakukan perusahaan sebelum membangun serta mengoperasikan tambak di wilayah kecamatan Bambalamotu khususnya di desa Rondomayang.

“Ia jadi sosialisasi ini, selain menjadi tanggung jawab perusahaan sebelumnya, juga merupakan ajang perkenalan perusahaan sebelum melakukan pengoperasian tambak di tengah-tengah masyarakat,” kata Gatot.

Ia menegaskan, salah satu tujuan perusahaan RTL ini melakukan aktivitas tambak di Kabupaten Pasangkayu adalah bagaimana investor atau perusahaan dapat berkontribusi kepada daerah terlebih lagi pada masyarakat yang ada di sekitar. Termasuk lapangan kerja dalam meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Sebelumnya kami dari pihak investor sudah melengkapi persyaratan administrasi pada Pemda, termasuk menyetujui untuk ikut bersinergi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat yang ada di Pasangkayu. Dan itu kami akan selalu siap,” aku Gatot.

Ia berharap, kehadiran perusahaan tambak di tengah masyarakat bisa berkembang dan tentunya dapat membantu perekonomian masyarakat seperti yang tertuang dalam salah satu tujuan perusahaan RTL saat ini.

“Kami juga menginginkan apa yang telah dicapai perusahaan tambak udang sebelum kami. Bisa berkembang dan sangat terlihat masyarakat sangat diuntungkan atas kehadiran. Terlihat pendapatan masyarakat sekitar meningkat,’ tutup Gatot.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pasangkayu, Jamal mengapresiasi kepada pihak perusahaan dengan ada niat melakukan investasi di daerah Pasangkayu. Harus diakui kehadiran investor atau perusahaan di daerah secara lansung atau tidak akan meningkatkan perekonomian masyarakat. Dan kali ini adalah perusahaan tambak udang berkelanjutan yakni PT Rondomayang Tambak Lestari.

“Alhamdulillah, tak henti-hentinya pihak investor melirik daerah kita, mulai dari perkebunan kelaka sawit hingga tambak sudah satu-persatu masuk, yang tentunya secara legal dan bersinergi dengan pemerintah daerah,” aku Jamal.

Untuk itu, imbuh Jamal, tugas pemerintah daerah bersama masyarakat memberikan rasa aman dengan kehadiran pihak investor atau perusahaan di daerah Pasangkayu.

“Untuk itu saya mewakili pemerintah daerah meminta kepada semua pihak baik dengan masyarakat itu sendiri agar bersama-sama bisa menjaga keamanan. Bagaimana pun cara kita dalam hal ini pemerintah untuk menarik lebih banyak investor, tidak akan mau atau bertahan jika kalau daerah ini tidak memberikan perasaan aman, tidak akan maksimal juga,” tandas Jamal. (ndi/sol)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *