Respon Protes Mahasiswa Soal Pembangunan Jalan, DPRD Mamasa Panggil Dinas PU

oleh -146 views
DPRD Mamasa menggelar rapat dengar pendapat terkait pembangunan jalan yang menjadi keluhan warga.

MAMASA, SULBAR EXPRESS – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mamasa memanggil Dinas Pekerjaan Umum (PU), konsultan pengawas dan pihak rekanan, yakni CV Balla Perkasa, Selasa 3 September.

Dinas PU diwakili Sekretaris Dinas, Daniel Solon dan Kepala Bidang Bina Marga, Asri Tomas. Sementara pihak konsultan pengawas diwakili Robert dan rekanan diwakili Meysman Johan sebagai direktur. Sedangkan dari DPRD, yang hadir pada rapat dengar pendapat ini, diikuti 18 anggota DPRD Mamasa.

Pemanggilan terhadap yang bersangkutan untuk merespon aksi protes dilakukan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Sesenapadang (AMS).

Sebelumnya, pada Senin lalu AMS mendatangi kantor DPRD, kantor Bupati dan Kejaksaan Negeri Mamasa. Mereka melakukan audiens terkait pekerjaan pembagunan jalan oleh CV Balla Perkasa di Kecamatan Sesenapadang yang dianggap dikerja asal-asalan.

Pada aksi unjuk rasa sebelumnya, ada beberapa item pekerjaan yang diprotes mahasiswa. Antara lain beton yang patah dan retak, timbunan yang digunakan bukan sirtu, persimpangan jalan di depan SMP Sespa sempit, timbunan yang tidak diwalas, isi beton tidak memakai perekat.

Selain itu, juga ditemukan sambungan beton yang tidak menggunakan besi ulir, porsi campuran beton tidak sesuai, papan proyek tidak mencantumkan volume pekerjaan, serta badan jalan tidak memiliki bahu.

Hal itu juga dibacakan oleh anggota DPRD Mamasa dan ditanggapi oleh Dinas PU, konsuktan serta pihak rekanan.

Dari jawaban pihak dinas dan rekanan, menganggap bahwa pekerjaan pembangunan jalan satu paket dengan anggaran Rp.5.815.594.500, bersumber dari DAK tahun anggaran 2019, sudah sesuai dengan bestek dan rincian anggaran belanja (RAB).

Untuk memastikan jawaban pihak dinas dan rekan sesuai dengan kondisi di lapangan, DPRD Mamasa memutuskan untuk turun lapangan.

“Berdasarkan keinginan semua anggota DPRD, maka besok (hari ini, red) kita akan turun langsung ke lapanagan,” ungkap Wakil Ketua Sementara DPRD Mamasa, David Bambalayuk. (sam/sol)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *