Haornas ke-36, Olahraga Dijadikan Kebutuhan Keseharian

oleh -170 views
PEMBUKAAN. Pemprov Sulbar memulai acara porseni HUT Sulbar pada perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) di lapangan kantor Gubernur Sulbar, Senin 9 September 2019.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Pemprov Sulbar memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-36 dengan mengangkat tema “Ayo olahraga, dimana saja, kapan saja”. Berlangsung di lapangan kantor Gubernur Sulbar, Senin 9 September.

Selain itu, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Sulbar ke-15, dan peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-47 tahun, dalam upacara Haornas ke-36 tingkat Sulbar tahun ini, dilaksanakan pembukaan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) tingkat Sulbar.

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar mengatakan permasalahan terbesar saat ini, yakni derajat kebugaran masyarakat Indonesia yang masih rendah begitupun di Sulbar.

“Makanya dengan gerakan ayo olahraga, diharapkan akan menjawab permasalahan tersebut. Olahraga harus menjadi kebutuhan hidup dan menjadi gaya hidup keseharian,” kata Gubernur.

Ia menambahkan pembangunan dalam olahraga adalah tidak hanya jasmani, tetapi juga rohani. Sehingga dengan sehat rohani berarti telah mendukung kebijakan pemerintah.

“Termasuk mendukung kebijakan bapak Presiden tentang revolusi mental, serta SDM unggul Indonesia maju,” tambahnya.

Gubernur juga menyampaikan dengan kesegaran jasmani dan kesehatan yang bagus, terutama bagi para pelajar, maka memudahkan lahirnya bibit-bibit yang berpotensi menuju pentas nasional dan dunia di masa selanjutnya.

“Hal ini sejalan dengan pesan bapak Presiden dalam salah satu janji kampanye yang dikeluarkan oleh Kantor Staf Kepresidenan, yaitu perlu pengintegrasian olahraga dengan sistem pendidikan nasional, serta perlu menumbuhkan minat masyarakat Indonesia dalam bidang olahraga, sehingga dapat tumbuh menjadi bagian dari budaya dan kepribadian bangsa,” ungkap Gubernur.

Sementara itu, lanjut Gubernur, dengan peringatan Haornas, lebih dikuatkan lagi olahraga prestasi untuk menuju pentas yang lebih besar, yakni di olimpiade dan paraolimpiade nanti.

“Saya harap sesuai tema diangkat bahwa olahraga itu mudah, karena dapat dilakukan dimana dan kapan saja. Ini menjadi penting agar masyarakat tidak terpaku bahwa olahraga hanya dapat dilakukan di fasilitas olahraga yang tersedia,” ujar Gubernur.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Sulbar Muhammad Hamzih mengungkapkan dengan berbagai kegiatan dilakukan bagian dari upaya menumbuh kembangkan semangat kebersamaan dan kejuangan, serta persatuan dalam membangun Sulbar yang maju dan malqbi.

“Kegiatan porseni ini menjadi penting dan amat penting, karena bersamaan dengan peringatan hari jadi Sulbar ke-15, sebagai tahun era industri four point zero atau empat titik nol,” ucap Hamzih.

Selain itu, lanjut Hamzih, kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturrahmi antar elemen masyarakat Sulbar, memupuk jiwa sportivitas, menjalin rasa persatuan, dan kesatuan serta kekeluargaan.

“Termasuk untuk mengenang jasa para pejuang pembentukan Sulbar dan untuk mendorong rasa bangga maupun cinta terhadap Sulbar yang malaqbi,” tandasnya. (hab/sol)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *