Lahan Seluas 3 Hektare Terbakar

oleh -132 views

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Kebakaran lahan yang melanda Desa Bambu Dusun Baobatu Kecamatan Mamuju tiba-tiba terbakar, Selasa 17 September.

Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 11.00 Wita. dengan luas mencapai tiga hektar membakar lahan milik warga yang menjadi mata pencaharian masyarakat sekitar karena didalamnya berupa cengkeh, pohon kelapa, pisang, dan coklat habis dilahap si jago merah.

Sulitnya mendapat air serta lambatnya informasi yang diterima menjadi penghambat aparat gabungan yang terdiri dari Kepolisian,TNI, Polisi Kehutanan dan masyarakat yang mencoba memadamkan api.

Sedangkan pemadam kebakaran tidak bisa menjangkau lokasi lahan yang terbakar dikarenakan akses yang sulit. Aparat gabungan dan masyarakat yang memadamkan api dengan alat seadanya seperti jeregen maupun tangki semprot air pun jumlahnya tidak banyak sempat kewalahan dikarenakan kencangya angin serta panasya matahari.

Salah satu pemilik lahan Muhiddin mengatakan sumber api tidak diketahui pastinya dari mana dan tiba-tiba terbakar, sehingga seluas 3 hektare lahan terbakar.

“Kejadiannya sekitar jam 11.00. Tapi nanti sudah Dzuhur ada kabar turun di kampung kalau kebakaran lahan disini, ada sekitar 30 pohon cengkeh miliknya hangus terbakar,” kata Muhiddin.

Sementara, Kabag Ops Polres Mamuju Kompol Daud TB mengungkapkan saat ini pihaknya terus melakukan upaya pemadaman dengan melakukan pembabatan agar api tidak meluas.

“Kebanyakan yang terbakar itu kebun masyarakat. Seperti cengkeh, kelapa dan cokelat, serta kami juga sudah mengantisipasi semakin luasnya lahan yang terbakar dengan melakukan pembabatan,” ucap Kompol Daud.

Kompol daud juga menyampaikan pihaknya belum mengetahui sumber awal api dari mana dan apa penyebanya, namun berdasarkan informasi dari masyarakat, kata dia, api berasal dari arah utara.

“Kami juga baru mengetahui jika terjadi kebakaran sekitar jam 2 dan kami pun langsung menuju lokasi,” tandasnya.(mg1/hab)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *