Pengusaha Muda Pimpin DPRD Polman

oleh -282 views

Sukses menjadi pengusaha muda tak membuat Jupri Mahmud merasa puas. Meski bagi dia, dunia usaha menjadi ladang untuk berjuang.

Kini, Jupri Mahmud punya tugas baru. Itu karena alumni Universitas Trisakti Jakarta tersebut telah menghibahkan dirinya untuk masyarakat Kabupaten Polewali Mandar. Menjadi wakil rakyat periode 2019-2024.

Bukan hanya wakil rakyat biasa. Ketua Umum BPD Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sulbar itu juga diamahkan memegang tampuk kepemimpinan DPRD Polewali Mandar. Hari ini ia dilantik menjadi Ketua DPRD Polewali Mandar.

Lalu apa saja yang akan dilakukan Jupri Mahmud untuk daerah selama menjadi Ketua DPRD Polman, berikut petikan wawancara khusus wartawan Sulbar Express bersama Jupri Mahmud.

  1. Setelah sukses menjadi pengusaha, apa cita-cita anda masuk dalam dunia politik?

Politik dan dunia usaha bagi saya adalah sama-sama pengabdian. Namun pengabdian dalam dunia politik memiliki ruang yang lebih besar. Karena itulah saya memilih masuk dalam dunia politik.

Dalam dunia politik, manfaat yang akan saya berikan kepada masyarakat tidak terbatas, tentu tetap dalam koridor kewenangan yang sudah diberikan. Antara lain fokus peran saya dalam dunia politik adalah pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan kesejahteraan.

2. Mendapat kepercayaan yang sangat besar dari masyarakat Polman, apa jualan anda dalam berpolitik?

Ini kembali pada latar belakang saya sebagai pengusaha. Dalam ruang usaha, pengabdian saya bisa dibilang masih terbatas. Namun dalam politik, ruangnya bisa semakin luas.

Cita-cita itu yang kemudian saya sampaikan kepada masyarakat, dan alhamdulilah masyarakat bisa memberikan kepercayaan kepada saya untuk ruang tersebut.
Selanjutnya saya juga sering sampaikan, sebagai Ketua Umum BPD HIPMI Sulbar, saya punya banyak jaringan di Indoneia. Jaringan itu akan menjadi modal untuk memaksimalkan kesjahteraan masyarakat, apakah dalam bentuk menarik investasi atau memaksimalkan potensi daerah untuk kesejahteraan masyarakat Polman.

3. Sebagai pendatang baru dalam politik, jabatan ketua DPRD adalah hal yang luar biasa. Bagaimana perasaan anda?

Alhamdulilah saya sangat bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Juga berterima kasih kepada keluarga besar saya, serta masyarakat Polman yang telah memberikan kepercayaan kepada saya. Amanah ini akan saya jalankan dengan penuh tanggungjawab, sesuai tugas Dewan, yakni Legislasi, Pengawasan, dan Anggaran

Selain itu, tentu saya sangat bangga dan senang mendapat posisi sebagai Ketua DPRD Polman periode 2019-2024 yang sebelumnya tidak pernah terlintas. Apalagi niatan awal masuk sebagai caleg adalah untuk mengabdi kepada masyarakat.

Namun dengan adanya peluang duduk di posisi ini, maka harus saya ambil. Sebab posisi ini memberikan peluang lebih. Artinya bisa memberikan manfaat lebih, dalam hal kebijakan sehingga akan berpangaruh terhadap keadilan anggaran, menguatkan keberpihakan kepada masyarakat luas dan kecil.

4. Setelah resmi menjabat sebagai ketua DPRD Polman, apa target jangka pendek anda. Atau ada target 100 hari kerja?

Target jangka pendeknya adalah setelah pelantikan besok (hari ini, red) langsung rapat paripurna pengesahan AKD. Setelah itu berangkat ke Mamuju mengikuti Bimtek dan Orentasi bagi anggota DPRD baru. Ini untuk memperdalam peran dan fungsi anggota DPRD.

Usai mengikuti Bimtek, kita akan fokuskan DPRD untuk membahas APBD 2020 dan sejumlah agenda penting lainya. Salah satunya adalag Prolegda (Program Lesgislasi Daerah, red) tahun 2020.

5. Sementara untuk target jangka panjangnya?

Untuk target jangka panjang, saya akan menjalankan tugas sebagai pimpinan Dewan sesuai fungsi, tugas dan wewenang. Mengawal roda pemerintahan agar bisa berjalan maksimal dan fokus peda kesejahteraan rakyat.

Selain itu, dalam lingkungan internal, saya akan bekerja keras menjaga marwah lembaga. Memperkuat internal dan kesekretariatan agar tugas DPRD bisa berjalan dengan baik. Kemudian jika dimungkinkan, saya juga akan ikut menjembatani pemerintah daerah untuk pengembangan UMKM dan menarik investor masuk ke Polman. Ini atas dasar latar belakang dan pengalaman saya dalam organisasi HIPMI. Jaringan ini saya kira bisa juga dimanfaatkan sepanjang tidak melanggar aturan.

6. Dengan usia yang masih sangat muda. Bagaimana upaya anda membangun komunikasi dengan seluruh anggota DPRD Polman dan Pemerintah Daerah?

Secara internal saya aka terus membangun komunikasi dengan baik dan santun serta mempertimbangkan etika sopan santun dan profesional. Kalau bisa terlaksana saya kira komunikasi dengan semua akan berjalan dengan baik.

Begitupan dengan pemerintah daerah. Jika dilandasi dengan etika tentu akan berjalan dengan baik pula.

Semua ini bisa terlaksana tentu karena menempatkan sesuatu pada posisinya atau “Issangi nawang”. Kalau ini sudah jadi budaya, saya kira tidak akan ada masalah dalam hal apapun, utamanya dalam hal penyampaian aspirasi dari masyarakat ke pemerintah.

7. Tugas menjadi ketua DPRD tentu akan banyak menyita waktu. Lalu bagaimana dengan bisnis anda?

Sebelum masuk DPRD, usaha saya sudah berjalan secara profesional, baik manajemen dan administrasinya sudah matang. Jadi meski saya bertugas di parlemen, usaha tetap jalan. Ini tidak boleh saya tinggalkan, karena dunia usaha adalah salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat.

8. Terakhir, apa harapan anda kepada semua anggota DPRD Polman, Pemkab Polman, dan semua pihak yang bertanggungjawab atas pembangunan daerah?

Kepada semua anggota DPRD Polman saya harap bisa bersama-sama bekerja membangun daerah sesuai fungsi dan topuksi Dewan. Bisa menyerap aspirasi masyarakat dan bersama-sama mewujudkan harapan masyarakat.

Kemudian kepada Pemerintah Daerah saya berharap agar komunikasi yang selama ini sudah dibangun terus dipelihara. Utamanya adalah tentang sinergitas. Karena sinergitas yang baik akan sangat membantu dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan daerah.


Biodata

Nama : JUPRI MAHMUD
Tempat/Tanggal Lahir : Baru, 2 Februari 1984
Alamat : Jalan Poros Mambu, No. 139. Mapili Barat, Luyo, Polewali Mandar
Agama : Islam
Email : juprimahmud001@gmail.com
Hobi : Olahraga

Pendidikan Formal

  • SDN 041 Puccadi
    *SMPN 2 Campalagian
    *SMUN 1 Campalagian
    *Universitas Trisakti, Jakarta (Accounting)

Pengalaman Kerja
*Komisaris Utama PT. Bumi Surya Selaras (General trading)
*Komisaris Utama PT. Bumi Atika Karya (Contruction)

Pengalaman Organisasi
*Wakil Bendahara umum BPD HIPMI Sulbar periode 2011-2014
*Wakil Sekretaris Umum BPD HIPMI Sulbar periode 2014-2017
*Ketua Bidang (7) Agribisnis dan Kemaritiman BPD HIPMI Sulbar periode 2017-2018
*Ketua Umum BPD HIPMI Sulbar 2018-2021



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *