Dinas Ketahanan Pangan Mamuju, Dorong Pemkab Mamuju Tingkatkan Pangan Lokal

oleh -84 views

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Mamuju Hariani Wahid mendorong kepada pemerintah Kabupaten Mamuju untuk melakukan penguatan terhadap pangan lokal.

Menurutnya Kabupaten Mamuju secara produksi terhadap pangan lokal masih sangat rendah. Sehingga dibutuhkan sebuah rekomedasi yang bisa disepakati bersama oleh pemerintah kabupaten dan dinas terkait untuk meningkatkan produksi pangan yang ada.

“Kalau kita Dinas Ketahanan Pangan tidak punya kewenangan terkait produksi. Yang harus kita genjot itu Dinas Tanaman Pangan untuk membuat suatu prosuksi sesuai dengan pangan-pangan lokal, berdasarkan analisis kami itu yang harus tetap kita tingkatkan,” ungkapnya saat dikonfirmasi via telepon selulernya, Senin 4 November.

Ia menambahkan bahwa di Mamuju produksinya masih sangat bagus. Namun ada beberapa hal yang mesti ditingkatkan, seperti umbi-umbian yang belum maksimal.

“Tapi kalau seperti padi-padian, itu dia sudah berada di swasembadakan. Kan padi kita surplus. Namun umbi-umbian yang masih menjadi perhatian khusunya pangan lokal,” bebernya.

Menurutnya petani harus didorong untuk bisa lebih meningkatkan lagi produksi pangan lokalnya seperti ubi kayu atau ubi jalar. Karena selama ini jagung hanya dijadikan sebagai pakan ternak.

Pihaknya juga akan melakukan pertemuan dengan Bupati Mamuju Habsi Wahid untuk membicarakan terkait rekomendasi yang akan dilakukan untuk produksi tanaman pangan lokal.

Itu juga sesuai dengan perintah Mentri Pertanian RI Sahrul Yasin Limpo saat membuka Hari Pangan Sedunia (HPS) 2019 di Kendari beberapa hari lalu bahwa dibutuhkan kerja sama semua pihak dalam meningkatkan produksi pertanian dan itu menjadi tanggung jawab semua pihak. (idr/sol)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *