DPRD-TAPD Mulai Bahas KUA-PPAS, Pemkab Fokus Pembangunan Infrastruktur

oleh -75 views
RAPAT. DPRD bersama TAPD Mamuju menggelar rapat pembahasan KUA-PPAS APBD tahun anggaran 2020 di gedung DPRD Mamuju, Senin 4 November 2019.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – DPRD Mamuju menggelar rapat pembahasan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD tahun anggaran 2020, Senin 4 November.

Rapat ini juga dihadiri Sekkab Mamuju Suaib dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Mamuju.

Secara umum Suaib mengatakan bahwa pembahasan KUA-PPAS sudah sesuai dengan apa yang akan dilakukan oleh pemerintah kabupaten. Sehingga dalam pembahasanya bisa berjalan lancar.

“Sudah kita bahas sesuai apa yang kita dorong. Alhamdulillah tidak ada yang signifikan, hanya saja seperti tentang pendapatan daerah dan tentang belanja daerah,” ucap Suaib.

Menurutya terjadi peningkatan pendapatan daerah namun ada juga yang mengalami pengurangan. Sehingga pemerintah daerah masih akan fokus pada pembangunan infrastruktur.

“Ada pendapatan meningkat, ada yang naik ada yang kurang, sehingga PAD yang hanya Rp81 miliar menjadi Rp111 miliar. Dan kami masih fokus pada infrastruktur, seperti anggararan kesehatan sudah kita berikan sesuai dengan presentase bahkan sampai 14 persen,” bebernya.

Sementata Ketua DPRD Mamuju Azwar Anshari Habsi, mengatakan umumnya membahas tentang pembangunan infrastruktur, sumber daya manusia (SDM), pendidikan, dan kesehatan. Namun ada beberapa yang menjadi perhatian seperti pungutan pajak.

“Ada beberapa pajak-pajak yang dibebaskan, tidak dilakukan pungutan. Itu yang kami tanyakan ke Sistap terhadap peraturan baru yang keluar yang menjadi acuan OPD terkait pajak-pajak yang dibebaskan itu menjadi salah satu turunya pajak,” ungkap Azwar.

Sementara Anggota DPRD Mamuju Mervie Parasan mempertanyakan terkait tema yang diambil oleh pemerintah kabupaten dalam pembahasan KUA, menurutnya tema yang diambil seharusnya masuk pada Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD).

“Pembahasan KUA kita sudah bahas tapi PPAS belum. Yang menjadi perhatian itu tema, yang masuk di KUA-PPAS ini masuk ke rencana kegiatan anggaran pemerintah daerah (RKPD). Dengan tema peningkatan sumber daya manusi dan pemerataan infrastruktur untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah sementata rincianya-rincianya akan dibahas di PPAS,” ungkapnya. (idr/sol)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *