Bupati Harap IKM Maksimalkan Pengolahan Kelapa

oleh -162 views
GUNTING PITA. Bupati Majene Fahmi Massiara menggunting pita tanda peresmian sentra IKM pengelolaan kelapa, di Kelurahan Galung Kecamatan Banggae, Minggu 17 November 2019.

MAJENE, SULBAR EXPRESS – Indonesia merupakan negara produsen kelapa terbesar, karena kelapa yang dijuluki pohon kehidupan ini, hampr disetiap provinsi terdapat pohon kelapa.

Pohon ini, mulai dari akarnya batang, daun dan buah dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia, yang merupakan bahan baku dan menghasilkan berbagai macam produk penting, seperti minyak, tepung, karbon aktif, gula, aneka kerajinan serta produk industri lainnya.

Kepala Dinas Koperasi UKM perdagangan dan Perindustrian Majene Hasdinar menyebut, dari 8 kecamatan di Kabupaten Majene terdapat luasan lahan perkebunan pohon kelapa sekira 8.296 hektar dari 947, 84 kilometer luas wilayah Majene.

“Sebagian besar lahan dengan luasan 1.500 klilo gram perhektar merupakan perkebunan Rakyat,” tutur Hasdinar pada peresmian sentra Industri Kecil Menengah (IKM) pengeolahan kelapa dam turunannya, di Gedung Sentra IKM kelapa dan turunannya, di Kelurahan Galung Kecamatan Banggae, Minggu 17 November.

Diakatakan, strategi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majene dalam membangun dan menumbuh kembangkan ekonomi kerakyatan pada sektor industri adalah mendorong sentra IKM turunannya yaitu pengolahan kelapa.

“Majene terdapat kurang lebih 737 IKM, dan khusus pengolahan kelapa di wilayah Keluarahan Galung kurang lebih 70 IKM,” terangnya.

Bupati Majene Fahmi Massiara sebelum meresmikan sentra IKM pengolahan kelapa mengharapkan, kepada masyarakat pengelola minyak kelapa yang sudah terbentuk sebagai kelompok IKM, agar dapat memaksimalkan pemanfaatannya.

“Ini sejalan dengan program Kementerian Perindustrian, terhadap pengelola usaha kecil menengah khususnya yang bergerak dibidang pengelolaan kelapa. Langkah ini juga sejalan dengan hilirisasi industri guna mendorong pertumbuhan ekonomi Nasional terutama di era globalisasi perdagangan bebas dewasa,” pungkasnya.

Hadir dalam peresmian IKM, Sekkab Majene Andi Achmad Syukri Tammalele, Kepala Disbudpar Majene Andi Beda Basharoe, Kepala Distanakbun Majene Burhan Usman, Lurah Galung Nursalam serta sejumlah kelompok IKM di Keluarahan Galung.(hfd/smd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *